nusabali

Polres Buleleng Terjunkan 560 Personel Kawal Pengarakan Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-polres-buleleng-terjunkan-560-personel-kawal-pengarakan-ogoh-ogoh

Ratusan personel kepolisian akan diploting dan ditempatkan di daerah masing-masing sesuai dengan pemetaan kerawanan.

SINGARAJA, NusaBali

Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol I Gede Wali ditemui Kamis (15/3) siang kemarin mengaku pihaknya sudah melakukan pemetaan terkait kerawanan kamtibmas saat pengarakan ogoh-ogoh. Meski pengalaman dari tahun sebelumnya, situasi Buleleng tercatat sangat kondusif, namun tetap menjadi atensi khusus.

“Seperti tahun kemarin memang sangat kondusif, tetapi tetap kami antisipasi kemungkinan dan potensi kerawanan saat pengarakan ogoh-ogoh,” kata dia. Hal tersebut menyusul laporan jumlah ogoh-ogoh di seluruh Buleleng sangat fantastis, yakni 1.131 ogoh-ogoh dari 168 desa pakraman yang ada.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Buleleng untuk melakukan pengarakan ogoh-ogoh disesuaikan dengan imbauan yang sudah disebarkan oleh MMDP Kabupaten Buleleng. Seperti tidak mengarak ogoh-ogoh melewati batas wilayah. Pihaknya juga menekankan kepada pemuda yang mengarak ogoh-ogoh tidak meminum miras.

“Karena ini yang sering menjadi bumerang sehingga terjadi keributan meski hanya disenggol sedikit atau alasan yang sebenarnya bisa diatasi,” imbuh dia. Selain pengawalan saat pangrupukan, Polres Buleleng dan jajarannya tetap akan menyiagakan satu pleton pasukan Dalmas di Mapolres Buleleng.

Mereka selain ditugaskan untuk pengamanan mako, juga disiagakan jika terjadi masalah dalam perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru saka 1940.*k23

Komentar