nusabali

Dinas P2 Bangli Siap Bantu Kembangkan Kolam Sagening

  • www.nusabali.com-dinas-p2-bangli-siap-bantu-kembangkan-kolam-sagening

Dinas Peternakan dan Perikanan (P2) Kabupaten Bangli siap membantu mengembangkan Kolam Renang Sagening di Lembah Arca di Banjar/Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli.

BANGLI, NusaBali
Dinas P2 menyatakan akan membantu menyediakan bibit ikan, untuk ‘menghidupkan’ kembali aset Pemkab Bangli yang lama terbengkalai tersebut. Untuk memastikan hal itu Dinas P2 akan menelusuri siapa pengelola Kolam Sagening.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan I Wayan Sukartana menyampaikan rencana itu, Minggu (14/2). Sukartana mengaku sudah datang ke lokasi ke Kolam Sagening di Lembah Arca Kelurahan Kawan. “Saya bersama kabid sudah turun,” ujarnya kepada NusaBali. 

Kata Sukartana, Kolam Sagening tersebut layak dikembangkan secara terpadu. Menurutnya bisa dijadikan sarana rekreasi seperti kolam pancing atau atraksi wisata lainnya. Kondisi itu ditopang pemandangan alam sekitar yang indah. “Kami masih bingung siapa pengelolanya,” imbuhnya.

Itulah yang akan ditelusuri pihaknya. Karena ada berbagai informasi terkait pengelola Kolam Sagening pada waktu lalu. “Apakah itu dikelola KONI atau dikelola subak?” lanjutnya. 

Jika sudah ada kepastian siapa pengelolanya, Sukartana menyatakan siap berkoordinasi untuk membantu pengembangan dan pengelolaan Kolam Renang Sagening. “Minimal untuk uji coba pengisian bibit ikan kami siap,” ujar Sukartana.

Sebagaimana diberitakan Kolam Sagening di Lembah Arca di Banjar/Kelurahan Kawan Bangli sudah mangkrak selama belasan tahun. Kolam di areal seluas 5.956 meter persegi tersebut kini menjadi reruntuhan. Kabag Umum Pemkab Bangli I Made Mahindra Putra memastikan kolam tersebut merupakan aset Pemkab Bangli. Namun dia tak tahu siapa pengelola sebelumnya. “Dulu sempat ramai kemudian meredup,” ujar Mahindra Putra, beberapa waktu lalu. Soal pemanfaatannya, kata Mahindra Putra, tentu memerlukan kajian yang akan disesuaikan dengan tata ruang Bangli.

Kondisi Kolam Sagening yang telantar itu membuat DPRD Bangli juga ‘gerah’. Ketua Dewan Ngakan Made Kuta Parwatha menyatakan dewan siap bentuk pansus untuk menelusuri aset Pemkab Bangli, salah satunya Kolam Sagening. 7 k17

Komentar