nusabali

Dinas Perikanan Tebar Puluhan Ribu Bibit Ikan di Perairan Umum

  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-tebar-puluhan-ribu-bibit-ikan-di-perairan-umum
  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-tebar-puluhan-ribu-bibit-ikan-di-perairan-umum

MANGUPURA, NusaBali - Masih dalam rangkaian HUT ke-14 Mangupura, Dinas Perikanan Kabupaten Badung menebar puluhan ribu bibit ikan mujair di beberapa perairan umum di Kabupaten Badung. Penebaran bibit ini dimulai dari Taman Saring Gading, Banjar Petang Tengah, Desa/Kecamatan Petang, Selasa (14/11).

Acara pembukaan ditandai dengan pelepasan 10 ribu benih ikan mujair oleh Kepala Dinas Perikanan Badung I Nyoman Suardana dan Camat Petang AA Ngurah Raka Sukaeling SH MAP, Bhabinkamtibmas Desa Petang I Made Budiana, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Anak Agung Sri Wahyuni.

Selain itu dihadiri juga Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan I Wayan Raka Suarjaya, Kabid Kenelayanan Badung Anak Agung Ngurah Widyata, Sekdes Petang I Wayan Sudarma, Ketua Kelompok Sari Gading Anak Agung Ngurah Dharma Putra. Serta disaksikan oleh 46 orang lainnya yang terdiri dari tenaga kerja di lingkungan Petang, staf Desa Petang, PKK Desa Petang, dan Polri.


Suardana mengatakan, gerakan penebaran ikan di perairan umum (restocking) ini bertujuan untuk melestarikan ikan-ikan yang ada di perairan umum, khususnya di saluran irigasi yang mulai punah dikarenakan banyaknya masyarakat yang membuang limbah ke sungai. “Kegiatan penebaran ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk menambah populasi ikan mujair yang hampir punah di Badung,” ujarnya.

Dengan penebaran bibit ikan mujair ini, Suardana berharap agar masyarakat turut menjaga dan memelihara lingkungan perairan umum, baik itu saluran irigasi maupun sungai. “Kami berharap dari pimpinan-pimpinan wilayah, perbekel, dan masyarakat dapat menjaga dan memelihara sungai agar ikan yang sudah kita sebarkan bisa bertahan hidup sesuai dengan kondisi air yang ada,” harapnya.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari acara HUT ke-14 Mangupura tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari, 14-16 November 2023. Selama tiga hari ditarget akan menebar sebanyak 30 ribu bibit ikan mujair, selain di Taman Sari Gading Kecamatan Petang, juga akan dilakukan di Saluran Irigasi Carang Sari, dan Subak Batan Badung. @ ind

Komentar