nusabali

Rekor Kurang Oke MU di Goodison

  • www.nusabali.com-rekor-kurang-oke-mu-di-goodison

MU menduduki papan atas, Everton di papan tengah. Tapi sejatinya selisih peringkat hanya terpaut tiga poin. Dan rekor MU di kandang Everton juga tak baik-baik amat.

LONDON, NusaBali
Manchester United menghadapi lawan tangguh pasca jedah kompetisi internasional. Everton yang akan dihadapi di Goodison Park, Sabtu (16/10) malam Wita, bukan lawan enteng. Tiga away terakhir MU di Goodison Park berakhir dengan kekalahan. Jika kembali menang, maka Everton mengulang kisah sukses tahun 1984-1987 yang empat kali beruntun membungkam MU. 

Secara keseluruhan, persentase kemenangan Everton atas MU sepanjang pertemuan kedua tim di Goodison Park mencapai 41 persen (41 menang, 28 kalah dan 19 draw). Sedangkan persentase kemenangan MU di kandang Everton cuma 31,82 persen. 
Hebatnya, mantan klub Wayne Rooney ini  bisa membuat clean sheet dalam tiga pertandingan itu alias tak ada pemain MU yang mampu mencetak gol di kandang Everton. Padahal sebelumnya, Everton tak pernah menang dalam 17 pertandingan sebelumnya menghadapi MU.

Pelatih MU, Louis van Gaal, punya PR besar untuk bisa mengalahkan Everton. Sebab, jika sampai kalah, maka Sang Meneer Belanda ini menorehkan diri sebagai manajer dengan rekor kekalahan terpanjang di laga away sebagai manajer MU. Satu manajer lainnya David Moyes dengan catatan 10 kekalahan dari 18 pertandingan. Tapi Van Gaal sudah melakoni lebih banyak pertandingan, delapan kekalahan dari 23 laga yang dilakoni. Laga away terakhir MU berkesudahan kekalahan 3-0 dari Arsenal.
Setan Merah akan mendapatkan suntikan moral luar biasa dengan kembalinya beberapa bintang seperti Ander Herrera, Michael Carrick, Marcos Rojo, dan Wayne Rooney. Namun demikian, Setan Merah takkan bisa menurunkan Paddy McNair, yang dipaksa bertahan di rumah sakit Helsinki, usai mengalami cedera liver kala membela Irlandia Utara di laga Kualifikasi Euro 2016 melawan Finlandia.

Sementara itu Everton akan menjalani laga ini dengan spirit tinggi, usai mereka tidak terkalahkan di lima laga terakhir sebelum jeda Internasional. Dari kubu tuan rumah, mereka akan menyambut kembalinya Seamus Coleman, yang mengalami cedera kala tim menang 3-1 atas sang juara bertahan Premier League, Chelsea. The Toffees juga akan berharap John Stones bisa segera fit dan kembali ke starting line-up.

Manajer Everton Roberto Martinez menyebut bek John Stones harusnya fit dan tersedia untuk duel melawan MU  Stones sempat absen membela Inggris di dua laga kualifikasi Euro 2016 melawan Estonia dan Lithuania akibat mengalami cedera lutut, di mana ia juga sempat dilewatkan The Toffees di dua pertandingan terakhir kontra West Brom dan Liverpool. Meski demikian, bek berusia 21 tahun itu telah kembali berlatih dan diharapkan ketersediaannya saat Goodison Park menjamu United. “Saya pikir dia [Stones] harusnya sudah siap,” demikian Martinez kepada laman resmi klub. 
“John sudah bekerja keras di Finch Farm dan masalahnya sekarang hanya untuk mendapatkan match fitness. Saya akan katakan bahwa secara medis dia sudah siap. Dia sudah bergabung dengan tim dan dari sudut pandang medis, saya tidak merasa ada sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Komentar