nusabali

Barca Lanjutkan Sapu Bersih

  • www.nusabali.com-barca-lanjutkan-sapu-bersih

Barcelona kian perkasa di puncak klasmen sementara LaLiga. 

GIRONA, NusaBali
Mereka menyapu bersih enam laga dan meraih 18 poin. Barca menang 3-0 Girona, di Estadi Municipal de Montilivi, Minggu (24/9)  dinihari Wita

Dua gol El Barca lewat bunuh diri Aday dan Gorka Iraizoz Moreno, dan satu gol dari Luis Suarez. Atas hasil itu, pelatih Barca Ernesto Valverde mengungkapkan, tim asuhannya bisa meraih hasil positif di awal musim, karena kekompakan dan  semangat dalam tim yang sangat bagus. 

“Kami berusaha untuk bersama-sama dalam serangan dan pertahanan," ujar Valverde, di Marca, Minggu.

Valverde pun menjelaskan, hal yang paling disukainya, ketika pemain dituntut bekerja keras, mereka selalu membuktikan dan memberikan yang terbaik. Ia pun memuji semangat tim untuk bekerja keras. 

“Luis Suarez telah mencetak gol pertamanya di LaLiga musim ini. Saya yakin, Suarez bisa melakukannya," kata Valrverde.

Awalnya Barcelona kesulitan mengembangkan permainan. Pertahanan gigih tuan rumah dan penjagaan super ketat terhadap Lionel Messi benar-benar merepotkan Blaugrana. Messi dikawal ketat pemain muda Girona, Pablo Maffeo. Tapi pada akhirnya itu jadi jalan keluar. 

Tapi perlahan-lahan skuat besutan Ernesto Valverde keluar dari kesulitan. Gol bunuh diri Aday Benitez di menit ke-17 menjadi awalan yang bagus karena memancing Girona untuk lebih terbuka lagi.

Sementara dari tepi lapangan, Valverde melihat penjagaan khusus Maffeo terhadap Messi jadi sebuah keuntungan. Messi justru bisa membuka ruang lebih banyak untuk rekan-rekannya karena ada satu pemain lawan harus mengikutnya ke manapun. 

Messi sendiri tak bisa banyak menebar ancaman untuk Girona, hanya melepaskan dua tembakan dengan satu di antaranya tepat target. Hal ini disebut Valverde sebagai pengorbanan besar bintang Argentina tersebut.

Laga lawan Girona, menandai penampilan ke-100 bagi Luis Suarez bersama Barca, dengan mencetak gol.  Ini gol kedua Suarez di musim ini sejak membobol gawang Espanyol di awal bulan. Kini pemain Uruguay itu mencetak 87 gol Barca sejak diboyong dari Liverpool pada 2014.

Sementara Real Madrid tak pernah meragukan dirinya, meski melalui awal musim yang kurang mulus dan hanya menang tipis atas Deportivo Alaves 2-1, di Estadio Mendizorroza, Sabtu (23/9) malam Wita. Madrid menang 2-1 berkat dua gol pemain barunya Dani Ceballos. 

Kemenangan itu meneruskan tren positif Madrid di laga tandang La Liga. Mereka selalu menang di tiga laga di markas lawan. Namun Madrid punya PR meraih hasil yang lebih baik di kandang sendiri. Sang juara bertahan belum pernah menang di Santiago Bernabeu pada musim ini dan sudah sekali kalah. *

Komentar