nusabali

Futsal Pra PON Tetap Pakai Pemain Lokal

  • www.nusabali.com-futsal-pra-pon-tetap-pakai-pemain-lokal

Ketua Umum Pengprov Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Bali, Komang Mahendra Wistawan tetap menggunakan pemain futsal lokal Bali, baik di ajang Pra PON dan PON Papua XX/2020.

DENPASAR, NusaBali
Pemain lokal dinilai masih memiliki kualitas yang cukup mumpuni dan tidak kalah dengan atlet daerah lainnya. Hanya saja yang menjadi PR, yakni bisa lolos dalam ajang kualifikasi lebih dulu. Apalagi, arah kualifikasi PON untuk cabor futsal akan menggunakan kejuaraan antarprovinsi sebagai babak kualifikasi.

Menurut Wistawan pada Kamis (24/8) di Denpasar, evaluasi lain yakni soal daerah rival yang kebanyakan menggunakan jasa pemain luar daerahnya, menurutnya, tidak menjadi masalah. Meskipun lawan menggunakan pemain berkualitas dicari jasanya untuk kepentingan daerahnya. Namun Bali tetap bertumpu pada pemain lokal.

"Kami tetap percaya dengan jasa pemain lokal Bali. Dengan catatan, evaluasi bisa dilakukan perubahan dan dijalankan dengan baik, terutama keberadaan pelatih," terang Wistawan. 

Yakni, pelatih yang berlevel nasional. Sebab dia tidak ingin kegagalan di PON Jabar terulang kembali. Mengingat, dari sisi tatatan organisasi dan program sudah berjalan dengan baik pada rolnya. Kenapa itu dilakukan, karena pengalaman sebelumnya menggunakan jasa pemain lokal justru kedekatan pelatih dan pemain jadi pertimbangan. 

“Ada istilah ewuh-pakewuh disana saat ingin tegas di tengah lapangan. Negatifnya, saat bermain mental pemain jadi kendor dan mudah rapuh,”kata Wistawan.

Dengan menggunakan pelatih nasional berpengalaman, diharapkan mampu memotivasi pemain pada saat situasi terburuk sekalipun. Karena dia yakin dari sisi teknik individu pemain futsal Bali cukup mempuni. 

"Mental menjadi catatan kami, selain evaluasi pelatih lokal diganti ke pelatih nasional," terang Wistawan.

Dengan pelatih nasional berpengalaman diharapkan tau dan mampu keluar dari sutuasi sulit tim sekaligus. Berani menegur dan memberikan contoh sikap yang baik kepada pefutsal lokal. Dan, tentu akan menambah jam terbang. 

Dengan kebijakan menggunakan pemain futsal lokal Bali, pemain futsal yang akan tampil di ajang Porprov diminta menunjukkan kemampuan terbaiknya menuju tim bayangan Pra PON Bali. *dek

Komentar