nusabali

Hentikan Dominasi Thailand di SEAG

  • www.nusabali.com-hentikan-dominasi-thailand-di-seag

Timnas Indonesia U-22 mengemban misi meraih medali emas pada SEA Games 2017 di Malaysia, 14-30 Agustus 2017.

SEMARANG, NusaBali

Skuat asuhan Luis Milla itu diharapkan mampu meraih prestasi tertinggi semenjak kali terakhir 1991 di Manila, Filipina. Dahaga medali emas sepakbola di ajang multicabor di kawasan Asia Tenggara itu benar-benar dirasakan pencinta sepak bola Tanah Air.

Mantan bek kiri Timnas, Jaya Hartono, menyebut sudah saatnya Timnas Indonesia bangkit di ajang SEA Games. Jaya pun melontarkan, hentikan dominasi Thailand di SEA Games.

Sejatinya Jaya ikut merasakan bagaimana perjuangan keras Timnas Garuda menyabet medali emas di SEA Games 1987 dan 1991. Harapan Jaya memang segera diakhiri paceklik medali emas sepak bola, karena terakhir 1991 dan sudah sangat lama. “Selama ini yang mendominasi hanya Thailand," kata Jaya, di Bola.com.

Hingga saat ini, total Thailand sudah 15 kali menyabet gelar medali emas (mulai Peninsular Games dan SEA Games). Jumlah itu hanya mampu didekati Malaysia sebanyak enam kali dan Myanmar (lima kali).

Bahkan Tim Negeri Gajah Putih sempat meraih emas 8 kali beruntun mulai SEA Games 1993-2007, plus tambahan di tahun 2013 dan 2015 di Singapura.

Jaya Hartono menilai Timnas U-22 saat ini memiliki potensi dan modal cukup untuk meraih medali emas. Terlebih, para pemain muda yang diboyong ke pemusatan latihan memiliki performa bagus serta sudah teruji di kompetisi Tanah Air.

"Mereka sudah ditempa dengan kompetisi yang teratur dan kompetitif. Banyak pemain muda sekarang yang lebih terarah baik cara bermain maupun pola latihan," ujar mantan pelatih Persib Bandung itu.

Timnas U-22 akan melakukan pemusatan latihan terakhir di Karawaci sebelum berangkat ke Malaysia untuk SEA Games 2017. Tim asuhan Luis Milla itu berkumpul pada 6 Agustus 2017. *

Komentar