nusabali

Jelang Lebaran, Dishub Inspeksi Armada Angkutan

  • www.nusabali.com-jelang-lebaran-dishub-inspeksi-armada-angkutan

TABANAN, NusaBali - Dinas Perhubungan (Dishub) Tabanan menginspeksi keselamatan atau ramp chek armada angkutan lebaran. Inspeksi dilakukan di Terminal Pesiapan Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Rabu (27/3).

Inspeksi ini program rutin yang diinstruksikan pihak Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas IIA Bali. Tujuannya, untuk menjamin keselamatan penumpang.

Pantauan di lapangan, sejumlah armada Bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk areal Terminal Pesiapan, Tabanan, dicek petugas. Sebelumnya, pemeriksaan juga telah dilakukan dengan mendatangi kantor atau PO (Perusahaan Otobus) di wilayah kecamatan Kediri sebagai PO bus terbesar di Tabanan. 

Kasi Angkutan Dishub Tabanan Dewa Nyoman Arsa Dyana, menjelaskan pemeriksaan ini dilakukan mengingat arus mudik lebaran hanya tinggal menghitung hari. Tujuannya tiada lain untuk memastikan semua armada yang digunakan untuk angkutan mudik layak jalan, memenuhi unsur administrasi dan unsur teknis. "Ini adalah kegiatan rutin dengan menjamin keselamatan penumpang," jelasnya. 

 Disebutkan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengecekan kelengkapan surat kendaraan, kemudian kondisi fisik armada mulai dari kelayakan mesin hingga tempat duduk para penumpang. 

"Yang dicek itu kelengkapan perjalanan mereka, seperti ban cadangan, pemecah kaca, surat laik jalan termasuk surat kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK,"tegasnya. 

Dia menambahkan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak dua pekan lalu dan akan berlangsung mendekati lebaran. "Kita harap dipengecekan selanjutnya seluruh kendaraan lengkap tidak ada masalah," tandasnya.7des

Komentar