nusabali

Puncak Arus Mudik Lebaran Terminal Mengwi Diprediksi Mulai H-2 Cuti Bersama

  • www.nusabali.com-puncak-arus-mudik-lebaran-terminal-mengwi-diprediksi-mulai-h-2-cuti-bersama

MANGUPURA, NusaBali.com - Arus keberangkatan armada dari Terminal Tipe A Mengwi masih normal jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Namun, keberangkatan armada diprediksi naik dua kali lipat mendekati awal cuti bersama Lebaran.

Sebagai terminal angkutan darat Tipe A, Terminal Mengwi di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung ini melayani angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP). Dan, menjadi hub arus mudik jalur darat dari Pulau Bali ke Pulau Jawa.

Ardani Nirwesthi, Pengawas Terminal Tipe A Mengwi menuturkan, arus kendaraan pada Selasa (26/3/2024) masih normal pada kisaran 40-50 keberangkatan. Harga tiket pun terpantau belum mengalami kenaikan.

"Puncaknya mungkin nanti bisa dilihat saat anak-anak libur sekolah dan awal cuti bersama. Cuti bersama mulai 8 April (Senin) pucak arus mudiknya antara Jumat atau Sabtu," ujar Ardani ketika dihubungi pada Selasa (26/3/2024) sore.

Namun, Ardani menilai, Sabtu (6/4/2024) bakal menjadi awal puncak arus mudik via Terminal Mengwi. Sebab, sudah memasuki akhir pekan dan tersambung awal cuti bersama, mengingat jadwal libur sekolah tadi.

Kata Ardani, keberangkatan diprediksi naik 100 persen pada puncak arus mudik. Hal ini juga berkaca dari dinamika arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Sebagai antisipasi, kami menyiagakan Posko Lebaran yang melibatkan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan pihak terkait lainnya," imbuh Ardani.

Pengawas terminal yang baru bertugas selama lima bulan ini menegaskan, pihak terminal sudah melaksanakan ramp check armada bus. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 21 Februari lalu hingga akhir bulan Maret ini.

Kata Ardani, ramp check dan kelayakan jalan ini untuk menjamin kelacaran arus mudik dan keselamatan penumpang. Armada yang lolos pengecekan akan ditempeli stiker tanda kelayakan jalan. *rat

Komentar