nusabali

Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Bagi Calon Wirausaha Muda

  • www.nusabali.com-disdikpora-badung-gelar-pelatihan-bagi-calon-wirausaha-muda

MANGUPURA, NusaBali.com - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung kembali menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan berupa Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024 di Ruang Aula Gedung Pertemuan Kwarcab Kabupaten Badung, kawasan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Rabu (20/3).

Kegiatan pelatihan ini harus terus digalakkan sebagai salah satu unsur penting dalam upaya menciptakan wirausaha muda yang tangguh dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan zaman.

Pembukaan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024 ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga, I Gede Suarjaya disaksikan oleh Sekretaris KNPI Badung I Made Suartana, Wakil Ketua KNPI Badung Dewa Ardita, Anggota Karang Taruna Kecamatan Mengwi Ni Kadek Santika Pradnyanita, Fungsional Pengembang Kewirausahaan Diskop UKM Kabupaten Badung Ayu Putu Ariani.

Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024 diikuti sebanyak 100 orang peserta yang berasal dari siswa SMA/SMK, organisasi kepemudaan, serta unsur kepemudaan. Pelaksanaanya dibagi dalam dua angkatan. Masing-masing angkatan berjumlah 50 orang peserta.

Angkatan pertama dilaksanakan tanggal 20 - 21 Maret 2023. Angkatan kedua dilaksanakan 26 - 28 Maret 2024. Pelatihan jni menghadirkan narasumber dari kalangan birokrat, akademisi dan praktisi di bidangnya.

Dalam laporan yang dibacakan oleh Analis Kebijakan pada Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Badung, Dewa Made Muarta, menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merujuk kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 41 Tahun 2011 Tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda Serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan.

“Tujuan diselenggarakan pelatihan ini adalah salah satu upaya untuk menciptakan wirausaha muda yang mandiri dan berdaya saing serta membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan generasi muda yang mampu bersaing, handal dan unggul,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Disdikpora Kabupaten Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga, I Gede Suarjaya menyatakan, tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi terutama pengangguran di kalangan terdidik. Fenomena pengangguran di kalangan terdidik, selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja/usaha (link and match).

Hal tersebut juga sekaligus menjelaskan masih rendahnya tingkat kewirausahaan yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan. Pemerintah Kabupaten Badung melaui Disdikpora berupaya pengembangan kewirausahaan khususnya di usia pemuda melalui kegiatan pelatihan wirausaha muda pemula.

“Kami berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, tekun, serius, dan bersungguh-sungguh sehingga akan mampu mendapat wawasan dari narasumber untuk membangun harapan yang optimis dalam menciptakan bisnis masa depan,” ucapnya.

“Kalau ingin sukses di bidang apapun termasuk di bidang bisnis, maka bergabunglah saudara pada barisan orang yang optimis, yang berfikirnya positif yang jiwanya terang dan mau bekerja untuk mengejar sukses” pesannya. @ind

Komentar