nusabali

Denpasar Akan Panen Padi pada 490,33 Hektare Lahan

Distan: Belum Bisa Pengaruhi Penurunan Harga Global

  • www.nusabali.com-denpasar-akan-panen-padi-pada-49033-hektare-lahan

DENPASAR, NusaBali - Maret ini panen padi akan dilakukan pada 490,33 hektare lahan di Kota Denpasar. Di tengah tingginya harga beras, panen ini diharapkan memberikan harga yang bagus bagi petani sehingga meningkatkan semangat petani dan usaha tani di Kota Denpasar.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Koda Denpasar Anak Agung Bayu Brahmasta, Senin (18/3), mengatakan masing-masing kecamatan akan panen padi bulan ini. Di Denpasar Barat (Denbar) seluas 36 ha, Denpasar Utara (Denut) seluas 169 ha, Denpasar Timur (Dentim) 44 ha, dan Denpasar Selatan (Densel) 241,33 ha.

Agung Bayu menambahkan, pihaknya berusaha menjaga panen ini agar tidak ada kendala. Seperti memastikan ketersediaan BBM untuk mesin panen hingga mengantisipasi penyakit agar tidak terjadi gagal panen. “Target kami agar panen kita sesuai harapan. Harga yang didapatkan petani bagus sehingga menambah semangat petani,” ucapnya.

Menurutnya, dilihat dari kebutuhan beras dan hasil panen lokal, Denpasar hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar 15-20 persen. Sisanya dari luar Denpasar. “Jadi kalau memang pasarnya dari penyosohan mampu menjamin, harganya cukup tinggi, petani akan lebih giat lagi meningkatkan usaha pertanian,” kata Agung Bayu.

Menurutnya panen dengan penurunan harga beras saat ini tidak terlalu berpengaruh. Sebab, produksi padi di Denpasar tidaklah banyak, sehingga belum bisa mempengaruhi harga secara global. Namun jika panen raya terjadi juga di tempat lain secara menyeluruh, biasanya bisa menekan harga beras.

Di sisi lain, Agung Bayu mengatakan panen ini minimal bisa menjamin stok pangan di Kota Denpasar. Terlebih di tengah padatnya hari raya saat ini dengan berhasilnya panen petani, stok beras di Denpasar bisa tersedia. 7 mis

Komentar