nusabali

Jelang Buka, Restoran di Legian Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-jelang-buka-restoran-di-legian-ludes-terbakar

MANGAPURA, NusaBali - Poser Pub & Restoran yang terletak di Jalan Padma No. 7, Legian Kelod, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung dilalap si jago merah, pada hari Kamis, (14/3), sekitar pukul 07.15 Wita, saat restoran belum buka. Tampak warga setempat berhamburan dan kejadian itu menjadi tontonan wisatawan asing maupun warga lokal.

Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, menjelaskan bahwa warga sekitar melaporkan adanya asap yang muncul dari bangunan Poser Pub sekitar pukul 07.00 Wita. Saat kebakaran terjadi, restoran tersebut masih dalam keadaan tutup. Sekelompok sekuriti salah satunya I B Sudarsana selaku saksi dari Padma Hotel yang berlokasi di sebelah barat Poser Pub datang untuk memeriksa restoran tersebut.

Mereka berusaha masuk melalui pintu rolling dan telah membawa alat pemadam api. Namun, api sudah membesar dan merembet ke beberapa bagian di lantai dasar restoran. Petugas bersama dengan beberapa warga berusaha memadamkan api menggunakan selang hydrant yang ada di hotel tersebut.

"Tim sekuriti hotel Padma menghubungi tim engineering hotel untuk menghidupkan selang hydrant hotel. Mereka membuka paksa rolling door pub agar bisa masuk memadamkan api," ungkap Sukadi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badung, I Wayan Wirya, menyatakan armada pemadam kebakaran Kabupaten Badung tiba sekitar 20 menit setelah menerima laporan. Ada delapan mobil yang diterjunkan ke lokasi kebakaran. “Api sudah besar sampai ke seluruh ruangan di lantai satu. Barang-barang di lantai satu restoran sudah habis terbakar, api tidak sampai merembet ke lantai dua. Proses pemadaman berlangsung singkat, dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.15 Wita. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini,” ungkapnya.

Selain itu Pengelola Poser Pub itu, I Nyoman Segel Suryanta, menyatakan bahwa belum dapat dipastikan jumlah kerugian yang dialami. Barang-barang yang terbakar termasuk bangunan di lantai satu yang digunakan sebagai pub dan restoran, beserta beberapa peralatan restoran. Namun, lantai dua masih utuh yang berfungsi sebagai kamar hotel. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian material masih harus ditaksir dan menunggu inventarisasi lebih lanjut.

Nyoman Segel, juga mengungkapkan kebakaran terjadi saat belum ada aktivitas di dalamnya. Kebakaran diperkirakan terjadi pada saat pub masih dalam keadaan tertutup. Meskipun penyebab pasti kebakaran belum dapat dipastikan, diduga kuat berasal dari korsleting listrik mengingat kejadian terjadi saat restoran belum beroperasi. "Tadi pagi saya mendapat informasi tentang kebakaran, saya langsung bergegas ke lokasi. Biasanya pub baru dibuka sekitar pukul 08.00 Wita. Kemungkinan kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, karena tidak mungkin disebabkan oleh api dupa, karena belum ada aktivitas masak ataupun lainnya," katanya saat ditemui di lokasi kebakaran, Kamis (14/3).

Diharapkan investigasi lebih lanjut akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai penyebab pasti kebakaran dan potensi kerugian yang diakibatkannya. Tim penyelidik masih berupaya menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi warga sekitar serta pihak terkait. 7 cr79, pol

Komentar