nusabali

Warga Rusia Melahirkan saat Nyepi

  • www.nusabali.com-warga-rusia-melahirkan-saat-nyepi

MANGUPURA, NusaBali - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia melahirkan dengan selamat di RS Bali Jimbaran di tengah suasana Nyepi atau tepatnya pada Selasa (12/3) dini hari.

WNA asal Rusia yang tinggal di salah satu perumahan di kawasan Kampial itu bisa melahirkan sang buah hati di rumah sakit berkat kesigapan dari Jagabaya Desa Adat Kampial serta Pengurus Perumahan Kampial Raya, yang langsung membawa ke rumah sakit saat diketahui hendak melahirkan.

Ketua Perumahan Suka Duka Perum Kampial Raya Putu Arwata, mengatakan pada malam Nyepi bersama Jagabaya Desa Adat Kampial tengah bertugas patroli. Tiba-tiba sekitar pukul 02.00 Wita, sebuah mobil melintas dari arah timur dengan lampu menyala terang. Saat mobil itu berhenti di depan petugas, pengemudinya memberitahu bahwa di dalam mobil ada seorang WNA yang sedang dalam proses persalinan.

“Ada tiga orang di dalan mobil tersebut, semuanya WNA. Katanya sopirnya waktu itu merupakan ayah dari perempuan yang hendak melahirkan. Di sampingnya merupakan ibunya. Sedangkan WNA Rusia itu duduk di kursi belakang. Mereka mengaku tinggal di Perumahan Raya Kampial di Gang Kempu Sari,” jelas Putu Arwata, Selasa (12/3) siang.

Putu Arwata melanjutkan, dengan hati-hati dan waspada pihaknya berusaha memastikan keadaan serta identitas orang-orang dalam mobil tersebut. Meskipun awalnya ada keraguan karena ada kejadian WNA yang sering membuat prank atau kejutan, namun setelah memeriksa bukti USG dan resep obat kandungan, ternyata benar akan segera melahirkan.

Awalnya mereka hendak menuju RS Bumi Asri di Gianyar. Namun, setelah pemeriksaan oleh bidan warga setempat, diketahui bahwa WNA tersebut telah mengalami kontraksi dan harus segera diantar ke RS Bali Jimbaran. “Orang tua WNA yang mengandung itu baru dua minggu berada di Bali, karena hendak menjenguk anaknya yang mengandung. Sedangkan anaknya yang hamil bertindak sebagai pengarah dengan menggunakan google maps. Suaminya masih berada di Jakarta. Jadi kita bantu antar agar cepat mendapatkan penanganan. Dari pemeriksaan di RS bahwa WNA itu sudah mengalami bukaan tiga,” tuturnya.

Meski awalnya proses komunikasi menjadi sedikit rumit karena bahasa yang berbeda serta sulitnya mendapatkan jaringan untuk menggunakan google translate. Namun, dengan tekad dan semangat yang tinggi, pihak Pengurus Perumahan Kampial Raya dan Jagabaya berhasil membawa WNA tersebut ke RS Bali Jimbaran dengan selamat.

“Kami bersyukur karena berhasil membantu WNA tersebut melahirkan. Apalagi anaknya perempuan dan lahir dalam keadaan sehat,” katanya. 7 ol3

Komentar