nusabali

Kasek SMPN Siap Jalani Penilaian e-Kinerja

  • www.nusabali.com-kasek-smpn-siap-jalani-penilaian-e-kinerja

AMLAPURA, NusaBali - Sejumlah kepala sekolah (kasek) SMP negeri di Karangasem siap menjalani penilaian e-kinerja. Mereka sebelumnya telah memasukkan program kerja selama setahun dalam aplikasi PMM (platform merdeka mengajar).

Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra dan Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya mengakui telah siap menjalani observasi e-kinerja, yang jadwalnya Maret ini. Keduanya mengungkapkan hal itu kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (3/3).

Kasek I Gusti Bagus Putra mengatakan, untuk kinerja guru dinilai kepala sekolah, sedangkan kinerja kepala sekolah dinilai Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem.

"Jadwal observasi selama Maret, kepala sekolah menilai kinerja guru mengenai pembelajaran di kelas, sesuai fokus perilaku yang dipilih guru, dari 8 indikator yang ada," katanya.

Guru, jelasnya, memilih salah satu indikator, tiap indikator ada tiga fokus perilaku, sedangkan guru bisa memilih minimal satu fokus perilaku yang menjadi objek utama penilaian. "Penilaian dilakukan kepala sekolah, menggunakan lembar observasi yang telah tersedia," katanya.

Sebelumnya, kata Gusti Bagus Putra, terkait program sekolah telah melakukan pengisian SKP (sistem penilaian kinerja) ke aplikasi PMM. Isinya, perencanaan pembelajaran setahun, evaluasi penilaian hasil, menganalisis hasil, melaksanakan tindak lanjut kegiatan pembelajaran, dan sebagainya.

Mengenai perencanaan katanya terdiri dari program tahunan, program semester, menganalisis KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar), menyusun silabus (perangkat satuan perencanaan pembelajaran), menyusun RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), melaksanakan kegiatan KBM (kegiatan belajar mengajar) dan lain-lain.

Kata dia, sebagai wakil kepala sekolah, programnya perencanaannya ada target pembelajaran bulanan menyesuaikan dengan perencanaan tahunan, seperti membuat denah tempat duduk siswa, membuat papan absen siswa, jadwal piket kelas, struktur organisasi kelas, tata tertib kelas, dan sebagainya.

"Semuanya itu telah masuk ke aplikasi, tinggal diobservasi, dicocokkan antara yang tertuang di aplikasi dengan fakta di lapangan," jelasnya.

Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya juga mengaku telah siap, jalani observasi e-kinerja. "Secara teknis tidak ada kendala," jelas mantan Kasek SMPN 1 Manggis dan SMPN 5 Amlapura tersebut.

Observasi itu, kata Sarya, hanya mencocokkan antara yang ada di aplikasi dengan fakta di lapangan. Sebelumnya kepala sekolah telah menilai kinerja guru, nantinya kinerja kepala sekolah dinilai pihak Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem. Penilaian itu mengacu Peraturan Direktur Jenderal Kemendikbudristek GTK/Nomor 7607/B.B1/HK 03/2023 tentang Pengelolaan Kinerja PMM.

Kasek SMPN 1 Bebandem Ni Wayan Parwati, Kasek SMPN 1 Manggis I Ketut Sarjana dan Kasek SMPN 2 Amlapura I Kadek Wirawan dihubungi terpisah juga mengaku telah siap menjalani penilaian e-kinerja kepala sekolah.7k16

Komentar