nusabali

SMPN 2 Abang Boyong 5 Gelar Juara Se-Bali Timur

  • www.nusabali.com-smpn-2-abang-boyong-5-gelar-juara-se-bali-timur

AMLAPURA, NusaBali - Kontingen SMPN 2 Abang, Kecamatan Abang, Karangasem, memboyong 5 gelar juara dalam ajang Lomba Tingkat SMP se-Bali Timur. Ajang ini serangkaian peringatan HUT ke-26 SMAN Rendang, di Banjar Bambang, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Senin (19/2).

SMPN 2 Abang memenangkan juara mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) melalui Ni Luh Aggi Subakti Briliantari, dan juara pidarta bahasa Bali melalui, I Kadek Merdeka. Tiga gelar juaranya lagi, yakni juara III lomba IPA Nyoman Rayyi Dharma Swari Gustin, juara 3 lomba Matematika I Gede Arya Yudi Adnyana dan juara 3 lomba IPS melalui Ni Luh Putu Puspa Anggreni.

Sedangkan juara lomba, IPS Ni Komang Purnama dari SMPN 1 Tembuku, Bangli, juara Matematika Putu Putra Widiartana juga dari SMPN 1 Tembuku, Bangli.

Lomba itu di bawah koordinasi Kasek SMAN Rendang I Wayan Nurasa, dibantu Ketua Panitia I Wayan Berata.

"Ada juga lomba lainnya, yang sifatnya internal, karena HUT kali ini kami sinkrunkan dengan Bulan Bahasa Bali," jelas I Wayan Nurasa.

Beberapa jenis lomba lainnya, dharma wacana, karaoke, lomba cover jingle Rensama, nyurat aksara Bali, lomba baca puisi bahasa Bali, lomba e-sport (football dan mobile legend), ada juga pertunjukkan seni dari kalangan siswa berbakat.

"Dua tahun lalu, kami melaksanakan lomba mata pelajaran tingkat SMP se-Karangasem, mengingat sertifikatnya tidak bisa digunakan untuk melengkapi mencari sekolah, maka pesertanya kami perluas mengundang siswa dari Bali Timur," kata Nurasa.

Sehingga pemetaan kualitas pendidikan di tingkat SMP se-Bali Timur, terpantau. Ternyata siswa dari Karangasem mampu bersaing dengan Kabupaten Klungkung dan Bangli. Terutama dari Bangli dan Karangasem bersaing ketat, sama-sama memenangkan gelar juara.

Nurasa berharap di lomba tahun depan agar pesertanya lebih banyak, dan semua sekolah bertekad untuk menang. Dengan demikian, kualitas pendidikan di Bali Timur meningkat. Para pemenang lomba itu diundang di puncak HUT ke-26, Rabu (21/2), untuk menerima trofi dan uang pembinaan.

Kasek SMPN 2 Abang I Wayan Sarya mengapresiasi prestasi anak didiknya yang telah mampu membukukan 5 gelar juara, termasuk dua gelar juara I. "Kami memang memiliki siswa binaan secara khusus, di tiap mata pelajaran, ada guru pembinanya, makanya di setiap kesempatan ada lomba kami telah siap mengirim siswa berbakat," jelas Sarya.

Dia bersyukur karena penyumbang gelar juara bukan hanya siswa itu-itu saja, namun bergantian. Ini artinya siswa berbakat di SMPN 2 Abang, cukup banyak dan tinggal menunggu kesempatan untuk ikut berlomba.

"Bukan saja bidang akademik, juga non akademik, kami lakukan pembinaan, makanya di non akademik juga langganan juara," tambah mantan Kasek SMPN 1 Manggis dan SMPN 5 Amlapura ini.7k16

Komentar