nusabali

Demokrat Karangasem Bidik Kursi Wakil Ketua DPRD

Rebut 6 Kursi, Terbanyak Selama Ikut Pemilu

  • www.nusabali.com-demokrat-karangasem-bidik-kursi-wakil-ketua-dprd

AMLAPURA, NusaBali - Partai Demokrat Karangasem mencatat prestasi gemilang dengan memenangkan 6 kursi dari 45 kursi DPRD Karangasem di Pemilu 2024.

Raihan ini terbanyak selama keikutsertaan Demokrat di Pemilu sejak tahun 2004 silam. Dengan raihan 6 kursi, Demokrat berpeluang duduki kursi Wakil Ketua DPRD Karangasem. Sekretaris DPC Demokrat Karangasem, I Wayan Suparta pun diprediksi akan menduduki kursi tersebut.

"Kita tentu bersyukur Demokrat mampu meraih 6 kursi, sebelumnya di bawah itu," ujar Ketua DPC Demokrat Karangasem, I Komang Wirawan kepada NusaBali di Sekretariat DPC Demokrat Karangasem di Jalan Diponegoro Amlapura, Jumat (23/2). Bahkan catatan perolehan suara tiap caleg yang lolos mengalami peningkatan. Lompatan cukup jauh yang dibukukan Partai Demokrat di Pemilu 2024 ini mampu menambah 4 kursi, dari sebelumnya di Pemilu 2019 hanya mendapat 2 kursi, kali ini total jadi 6 kursi.

"Menambah 4 kursi bukan pekerjaan yang mudah, apalagi persaingan cukup ketat, dan tingkat pengawasan tahapan pemilu juga ketat," tambahnya. Berkat kerja keras semua kader Demokrat mampu meyakinkan pemilih hingga memenangkan 6 kursi. Sebanyak 6 kursi di DPRD Karangasem yang diraih Demokrat masing-masing dari Daerah Pemilihan (Dapil) Karangasem I Kecamatan Karangasem yang sebelumnya belum pernah ada kursi, kali ini langsung melesat memenangkan dua kursi melalui I Ketut Sulandra dengan 5.892 suara dan pendatang baru I Putu Adi Tanaya dengan 3.250 suara.

Menyusul dari Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem, I Made Parnawa dengan 1.932 suara, Dapil Karangasem III Kecamatan Manggis I Gede Agung Puspada dengan 2.346 suara, Dapil Karangasem IV Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen I Wayan Suparta dengan 5.179 suara, dan Dapil Karangasem V Kecamatan Kubu I Made Tarsi Ardipa dengan 2.970 suara.

Dari 6 kursi yang dimenangkan, empat orang sebagai pendatang baru dan 2 incumbent I Wayan Suparta dan I Gede Agung Puspada.

Berkat prestasi 6 kursi ini, Demokrat berhak atas jabatan salah satu Wakil Ketua DPRD Karangasem. "Ya, tentu saja jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem nantinya untuk Sekretaris DPC Demokrat (I Wayan Suparta)," kata Wirawan, yang juga anggota DPRD Bali ini. Wirawan sendiri melesat dengan meraih 30.3012 suara, kembali lolos sebagai anggota DPRD Bali. Padahal di Pemilu 2019, Wirawan membukukan 15.818 suara.

Di bagian lain Sekretaris DPC Demokrat Karangasem, I Wayan Suparta bersyukur kembali memenangkan kursi DPRD Karangasem sejak Pemilu 2009. Dimulai di tahun 2014 sebagai anggota PAW (pengganti antar waktu) menggantikan I Wayan Madeg Mariarta. "Selain lolos, siap ditugaskan menjabat Wakil Ketua DPRD Karangasem," jelas politisi asal Banjar Wates Tengah, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat ini.

Pendatang baru I Made Parnawa, mengaku tak menyangka bisa meraih suara sebanyak 1.932 suara hingga mengantarkan dirinya memenangkan kursi DPRD Karangasem. "Tentu bangga mendapatkan kepercayaan masyarakat, tapi ke depan menanggung beban untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat selama 2024-2029," kata politisi asal Banjar Tihingan Kaja, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem ini.

Partai Demokrat pertama kali ikut Pemilu 2004 dengan 2 kursi, Ida Bagus Mahadewa dan I Gusti Ayu Karningasih, menyusul di Pemilu 2009 naik jadi 4 kursi I Gede Agung Puspada, I Wayan Suparta, Ida Bagus Mahadewa dan I Nyoman Karya Kartika. Sedangkan di Pemilu 2014 naik jadi 5 kursi, I Ketut Kerta, I Gede Agung Puspada, I Wayan Madeg Mariarta, I Nyoman Karya Kartika dan I Gede Pasek Bendesa Mulyawan, sehingga berhak atas jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem saat itu dijabat I Nyoman Karya Kartika. Namun di tahun 2019 perolehan kursi Demokrat turun drastis jadi 2 kursi saja, yakni I Gede Agung Puspada dan I Wayan Suparta. 7 k16

Komentar