nusabali

Putu Takahide Kirim 10 Perenang ke KRAS

  • www.nusabali.com-putu-takahide-kirim-10-perenang-ke-kras

JAKARTA, NusaBali - Takahide Swimming Centre (TSC) mengirim 10 perenang mengikuti Kejuaraan Renang Antar Sekolah (KRAS) Seluruh Indonesia, yang berlangsung 23-25 Februari 2024 di Jogjakarta. Pelatih TSC, Putu Takahide Valentino mengatakan, kejuaraan tersebut mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA. Mereka berangkat ke Jogjakarta, Kamis (22/2) pagi.

"Sampai di Jogjakarta, mereka akan langsung menjajal kolam renang. Itu dilakukan agar anak-anak sorenya mendapat waktu istirahat. Kemudian, besok paginya mereka siap bertanding," ujar Putu Takahide, Rabu (21/2).

Menurut mantan pelatih renang nasional ini, persiapan para perenang TSC sudah bagus. Hal itu karena dirinya telah mempersiapkan program untuk para perenangnya. Mereka berangkat ditemani pelatih TSC lainnya, Andi Hermawan

Pada Februari ini latihan mulai dari persiapan umum ke khusus. Karena itu, mereka berlatih sepuluh kali dalam seminggu. Mereka pun tetap berlatih menjelang keberangkatan ke Jogjakarta. 

"Rabu pagi, mereka latihan. Rabu sore mereka persiapan untuk berangkat ke Jogjakarta," jelas Putu Takahide.

Menurut Putu Takahite, persaingan di kejuaraan tersebut cukup ketat. Pasalnya, perenang yang berstatus pelajar di seluruh Indonesia banyak ikut serta sehingga akan ada ribuan perenang berpartisipasi.

Terlebih di kejuaraan itu, para perenang akan mendapatkan piagam, yang dapat digunakan untuk mendaftar sekolah dari SD ke SMP melalui jalur prestasi. Begitu pula yang lulus SMP bisa menggunakan piagam itu untuk mendaftar ke SMA lewat jalur prestasi.

Untuk itu, Putu Takahide menekankan kepada para perenangnya agar memperbaiki catatan waktu mereka. Bahkan, jika bisa catatan waktu mereka bisa masuk limit PON. Pasalnya, renang adalah cabang olahraga terukur yang prestasinya bisa dilihat dari torehan waktu.

Memang tidak mudah melakukannya, karena persaingan di sana cukup kuat seperti dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Namun, Putu Takahite tetap optimis anak didiknya mampu mencapai catatan waktu terbaik mereka di kejuaraan tersebut.

Hal senada dikatakan pelatih yang mendampingi perenang TSC ke Jogjakarta, Andi Hermawan. Menurut Andi, para perenang TSC sudah siap berlaga di sana. Mereka juga sudah melakukan persiapan dengan baik. Menurut Andi, di kejuaraan itu ada 17 nomor perorangan yang bisa diikuti.

"Dengan demikian, satu perenang bisa mengikuti lebih dari satu nomor. Maksimal mereka turun di 11 nomor. Saya pun, sudah memberikan motivasi kepada anak-anak agar mereka tampil bagus sehingga catatan waktu yang diinginkan tercapai," ucap Andi Hermawan. k22

Komentar