nusabali

Tim Dinas PUPR Bersihkan Saluran Irigasi

  • www.nusabali.com-tim-dinas-pupr-bersihkan-saluran-irigasi

BANGLI, NusaBali - Tim dari Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangli, membersihan saluran irigasi pada Selasa (20/2). Pembersihan ini untuk mengantisipasi tumpahan air irigasi ke lokasi saluran irigasi terseier yang jebol pascaambles badan jalan di Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Perkim Bangli  Dede Agusta Sastra Yana mengatakan amblesnya badan jalan di ruas jalan  Tamanbali-Guliang Kangin  yang terjadi beberapa hari yang lalu juga berdampak terhadap jaringan irigasi tersier. Mengantisipasi tumpahan air ke lokasi saluran tersier yang jebol maka dilakukan pembersihan atau pemeliharaan pada bangunan pembagi air di sebelah utara lokasi saluran irigasi dan jalan yang jebol tersebut. 

"Jika tidak dilakukan pembersihan takutnya nanti air melimpah ke saluran tersier yang jebol, dampakanya mengancam keberadaan DPT yang baru selesai dikerjakan,” jelasnya.

Menurut Dede Agusta, untuk pembersihan saluran irigasi setidaknya melibatkan 30 orang  yang terdiri dari petugas penjaga pintu air dan staf di bidang SDA. 

"Sejatinya kegiatan gotong royong memang rutin dilakukan dengan menyasar saluran irigasi yang tersebar di beberapa Daerah Irigasi (DI)," ujarnya.

Sementara itu, untuk perbaikan saluran irigasi yang ambles tersebut, karena saluran tersebut merupakan saluran tersier, maka perbaikannya tidak menjadi tanggung jawab kabupaten, namun oleh subak.  

Namun pihaknya akan memfasilitasi dengan pihak rekanan yang akan memperbaiki badan jalan yang ambles tersebut.  "Kami akan fasilitasi apakah subak menyediakan materialnya dan yang memasang pihak rekanan atau seperti apa. Hal ini nanti akan kami bicarakan kembali," imbuhnya.7esa

Komentar