nusabali

Setubuhi Anak Berkebutuhan Khusus hingga Hamil, Pria Bejat Dituntut 8,5 Tahun

  • www.nusabali.com-setubuhi-anak-berkebutuhan-khusus-hingga-hamil-pria-bejat-dituntut-85-tahun

DENPASAR, NusaBali - Terdakwa Zakaria Maitang Alias Rio Adrianus, 33, yang nekat menyetubuhi anak dibawah umur berkebutuhan khusus berinisial M, 14, hingga hamil dituntut hukuman 8,5 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang yang digelar di PN Denpasar pada Kamis (15/2).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan terdakwa Zakaria telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, yakni melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

Perbuatan terdakwa dinilai melanggar Pasal 81 Ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP. Ini sebagaimana dakwaan alternatif kedua JPU.

"Tuntutan sudah diajukan jaksa. Terdakwa dituntut pidana penjara selama 8 tahun dan 6 bulan. Dendanya Rp 1 miliar subsidair 6 bulan kurungan," jelas Desi Purnani Adam selaku penasihat hukum terdakwa. "Kami mengajukan pembelaan secara tertulis. Nota pembelaan kami bacakan pada sidang selanjutnya," ungkap advokat yang bergabung di Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar ini.

Diketahui, peristiwa ini terjadi bermula ketika terdakwa berkenalan dengan anak korban melalui aplikasi. Terdakwa lalu membujuk anak korban untuk bertemu. Berselang beberapa hari terdakwa menjemput anak korban di seputaran Jalan Imam Bonjol Denpasar. Terdakwa lalu membawa anak korban ke suatu tempat di Jalan Gunung Andakasa.

Disana, terdakwa mulai melancarkan aksi bejatnya dan anak korban sempat menghindar dan menghindar. Namun terdakwa tetap memaksa sehingga anak korban ketakutan. Usai kejadian anak korban meminta diantarkan pulang, tetapi terdakwa menolak.

Terdakwa dan anak korban pun sempat tinggal bersama dan pindah ke sebuah mes di Jalan By Pass Ngurah Rai. Namun akhir Agustus 2023, anak korban ditemukan oleh seorang saksi dan selanjutnya melaporkan kejadian itu ke Polresta Denpasar.

Berdasarkan Visum Et Repertum dan tes kehamilan, anak korban dalam kondisi hamil dengan usai kehamilan 1,5 bulan. Juga berdasarkan hasil pemeriksaan psikologi disimpulkan, anak korban memiliki skor IQ sebesar 53 yang tergolong kategori sangat lambat, dengan taraf potensi kecerdasan tersebut dalam hal berkomunikasi. 7 rez

Komentar