nusabali

Seleksi Paskibraka Buleleng Dimulai Lebih Awal

Pendaftaran Melalui Situs paskibraka.bpip.go.id

  • www.nusabali.com-seleksi-paskibraka-buleleng-dimulai-lebih-awal

SINGARAJA, NusaBali - Proses penyiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Buleleng dilakukan lebih awal. Pendaftaran seleksi sudah dimulai bulan Februari ini.

Seleksi pun akan berlangsung cukup ketat karena Pemkab Buleleng hanya menyiapkan 70 kuota peserta. Sedangkan pelamar yang berminat mengikuti seleksi sebanyak ratusan orang.

Seleksi Paskibraka tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Penyiapan Paskibraka untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, kini dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Buleleng, yang sebelumnya dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng.

Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono, Kamis (15/2) kemarin mengatakan, berpindahnya tugas penyiapan Paskibraka sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Selain juga Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden RI Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

“Sosialisasi sudah berjalan ke SMA, SMK maupun MA. Seluruh siswa yang berminat ikut seleksi akan mendaftar secara online di situs paskibraka.bpip.go.id. Tidak ada lagi pendaftaran manual,” terang dia.

Dia menyebut untuk terpilih menjadi Paskibraka, perserta seleksi harus menjalani sejumlah tahapan. Tidak hanya tes kesehatan, tetapi juga tes terkait Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, pengetahuan umum yang akan diselenggarakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). termasuk juga seleksi peraturan baris berbaris dan kesamaptaan.

Peserta yang dinyatakan lolos selanjutnya akan menjalani proses pembinaan, pendidikan dan pelatihan sebulan penuh pada Juli mendatang. Proses pendidikan dan pelatihan akan melibatkan tim gabungan dari pemerintah, Polri, dan TNI. Mereka dipersiapkan sebagai Paskibraka apel peringatan proklamasai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2024  mendatang.7 k23

Komentar