nusabali

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Unud Diikuti 16 Peserta

  • www.nusabali.com-pemilihan-mahasiswa-berprestasi-unud-diikuti-16-peserta

DENPASAR, NusaBali - Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Seleksi Internal Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas tahun 2024. Seleksi berlangsung selama dua hari Kamis (25/1) hingga Jumat (26/1) bertempat di Ruang Aula Wiswakarma Gedung Fakultas Teknik Kampus Sudirman Denpasar.

Seleksi Pilmapres ini diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari 14 orang peserta dari program Sarjana dan 2 orang dari program Diploma. Proses seleksi terdiri dari penjurian prestasi Gagasan Kreatif (GK)/PI, pemeriksaan berkas interview CU (Capaian Unggulan) serta test interview Bahasa Inggris.

Ketua Unit Penalaran dan Kreativitas Dr Ns Putu Ayu Sani Utami sekaligus sebagai Ketua Pelaksana dalam pembukaan acara ini menyampaikan seleksi internal ini dilakukan dalam rangka memilih mahasiswa yang akan diikutkan atau berlaga di tingkat wilayah maupun nasional. Peserta yang ikut berjumlah 16 orang, terdiri dari 14 orang dari program sarjana dan 2 orang dari program diploma. Para peserta ini mewakili berbagai fakultas yang ada di Universitas Udayana. Untuk skema seleksi ini akan berlanjut di tingkat wilayah sekitar bulan Mei dan seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan dibulan Juli 2024. Skema tahun 2024 ini  agak berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat beberapa kelemahan yang dialami atau dihadapi di tahun lalu.

Tahun lalu dilakukan seleksi di  bulan April, dan melihat persiapan tidak bisa dilakukan secara instan, sehingga kegiatan seleksi ini dimajukan menjadi bulan Januari dan penerimaan mahasiswa sudah dilakukan sejak bulan Oktober tahun lalu, sehingga diharapkan punya cukup waktu untuk melakukan pendampingan dan penguatan. Untuk perekrutan mahasiswa tahun 2025 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September. Pihaknya berharap bantuan para Wakil Dekan untuk membantu menginformasikan kepada mahasiswa, sehingga persiapan Pilmapres bisa dilakukan lebih dini.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar, mahasiswa yang terpilih pada kegiatan Pilmapres ini benar-benar bisa merepresentasikan Universitas Udayana kedepannya," ucapnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof I Ketut Sudarsana dalam sambutannya menyampaikan mahasiswa berprestasi dari Unud akan menjadi role model walaupun yang dikirim hanya satu yang menjadi wakil Universitas Udayana. “Walaupun hanya satu prestasi yang ada, akan tetapi pengaruhnya sangat besar sekali dalam mengangkat institusi ditingkat regional maupun nasional. Ini semua bukan kegiatan instan, namun memiliki sebuah proses,” ujarnya. 7 ant

Komentar