nusabali

Dua Caleg Gianyar Meninggal, Suara Tetap Sah untuk Partainya

  • www.nusabali.com-dua-caleg-gianyar-meninggal-suara-tetap-sah-untuk-partainya

GIANYAR, NusaBali.com - Dua Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Gianyar, Ngakan Nyoman Geria dari Dapil 7 Tampaksiring dan I Made Cakra dari Dapil 5 Payangan, meninggal dunia sebelum hari pencoblosan pada Rabu (14/2/2024). Namun nama dua mendiang masih tercantum dalam suart suara lantaran proses pencetakan sudah tuntas.

Menanggapi hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar telah menggelar rapat pleno perubahan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada Kamis (25/1/2024) lalu. Hal ini berdasarkan surat dari DPC Demokrat dan DPD Golkar Gianyar yang disertai bukti otentik terkait meninggalnya kedua caleg.

"KPU Gianyar telah memverifikasi keabsahan dokumen dan memastikan bahwa kedua caleg tersebut memang telah meninggal dunia," jelas Ketua KPU Gianyar I Wayan Mura di sela pemusnahan surat suara rusak dan lebih di gudang logistik KPU Gianyar, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh,  Selasa (13/2/2024).

Meninggalnya dua caleg ini menyebabkan perubahan jumlah DCT dari 308 orang menjadi 306 orang.

Meskipun demikian, karena surat suara telah tercetak dan didistribusikan, nama kedua caleg tersebut masih tercantum di surat suara.

"KPPS di Dapil Tampaksiring dan Payangan wajib mengumumkan kepada pemilih bahwa kedua caleg tersebut telah meninggal dunia," tegas Mura.

Suara yang tercoblos untuk nama caleg yang meninggal akan tetap sah dan dihitung sebagai suara partai politik (parpol) yang bersangkutan.

Meskipun demikian, Mura memprediksi bahwa hal ini tidak akan berpengaruh signifikan pada persaingan perebutan kursi di dapil terkait.

"Misalnya di Dapil Payangan, persaingan tetap sengit antara caleg incumbent dan pendatang baru. Di Dapil Tampaksiring, dengan 5 kursi yang tersedia, peluang caleg pendatang baru lebih terbuka," terangnya.

Pemilu 2024 di Gianyar memperebutkan 45 kursi DPRD dengan alokasi kursi di tiap kecamatan: Gianyar 9 kursi, Blahbatuh 7, Sukawati 9, Ubud 6, Payangan 4, Tegallalang 5, dan Tampaksiring 5.

"Dengan Dapil di tiap kecamatan, caleg harus bekerja keras untuk meraih suara," pungkas Mura. *nvi


Komentar