nusabali

Duel Iran-Jepang Dinilai Final Dini

Depak Tajikistan, Yordania ke Semifinal

  • www.nusabali.com-duel-iran-jepang-dinilai-final-dini

DOHA, NusaBali - Pelatih timnas Iran Ardeshir Ghalehnoy mengatakan duel timnya melawan Jepang pada perempatfinal Piala Asia 2023 Qatar seperti final yang terlalu dini. Ghalehnoy mengatakan Iran dan Jepang adalah dua tim peringkat tertinggi ranking FIFA di Piala Asia 2023. Samurai Biru di peringkat 17 dan Iran di peringkat 21.

“Ini bisa saja menjadi final tetapi sekarang kami berhadapan di perempat final,” kata Ghalehnoy, di laman resmi AFC, Jumat (2/2).

Ghalehnoy menilai laga melawan Jepang nanti tidak akan mudah, pasalnya tim asuhan Hajime Moriyasu bermain semakin baik dengan laga terakhir menang 3-1 melawan Bahrain di babak 16 besar.

Meski demikian, pelatih 60 tahun itu tak gentar karena dia juga meyakini timnya sangat tim kuat pada laga terakhir. Bahkan di babak 16 besar menyingkirkan salah satu tim dengan pertahanan terbaik Suriah yang selama penyisihan grup hanya kebobolan satu gol.

Sementara itu, pemain Jepang Hidemasa Morita ingin timnya menyingkirkan Iran di perempatfinal Piala Asia 2023 Qatar dengan catatan clean sheet. 

Dalam laga Sabtu (3/2) pukul 19.30 WITA di Stadion Education City, Ar-Rayyan, Qatar itu, Morita ingin gawang timnya nirbobol setelah dari empat laga di Piala Asia 2023 selalu kebobolan minimal satu gol.

Jepang lolos ke perempatfinal setelah menyingkirkan Bahrain 3-1 di babak 16 besar, Rabu (31/1). Kini, Jepang mempunyai waktu istirahat kurang lebih tiga hari jelang laga perempatfinal melawan tim kuat Iran. Namun, pemain 28 tahun itu mengatakan tidak mempermasalahkan waktu singkat persiapan timnya.

Menurut Morita, Jepang terus berkembang di Piala Asia kali ini dan hal itu sejalan dengan keyakinannya Jepang mampu menaklukkan Iran di perempatfinal.

Sementara itu, Yordania lolos ke semifinal Piala Asia 2023 usai menang susah payah 1-0 atas Tajikistan dalam perempatfinal di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Jumat (2/2) malam Wita. 

Dalam duel sengit itu, Yordania berhasil mencetak gol di babak kedua lewat gol bunuh diri Vakhdat Khanonov pada menit ke-66. Dengan hasil itu, Yordania melaju ke semifinal dan di babak selanjutnya akan bertemu pemenang duel Australia vs Korea Selatan. *

Komentar