nusabali

STY Targetkan Sapu Bersih Sisa Laga

Indonesia Tatap Kualifikasi Piala Dunia 2026

  • www.nusabali.com-sty-targetkan-sapu-bersih-sisa-laga

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia masih di dasar klasemen sementara Grup F dengan satu poin dari dua laga. Pada November 2023, Indonesia dikalahkan tuan rumah Irak 1-5 dan imbang 1-1 di kandang Filipina.

DOHA, NusaBali
Usai terdepak dari Piala Asia 2023 Qatar, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung menetapkan target sapu bersih atau kemenangan dalam sisa laga putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Di laga tersebut, Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam dua kali pada 21 san 26 Maret 2024. Tim berjulukan Skuad Garuda itu lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah, baru bertandang ke Vietnam. Selain itu, Indonesia juga akan menjamu Irak dan Filipina.

"Secara individu dan tim, target berikutnya kami adalah ingin menang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kami ingin lolos ke babak selanjutnya," kata Shin Tae-yong (STY), Minggu (28/1) malam waktu Qatar.

Sedangkan di kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia masih terdampar di dasar klasemen sementara Grup F dengan satu poin dari dua pertandingan. Pada November 2023, Indonesia dikalahkan tuan rumah Irak 1-5 dan bermain imbang 1-1 di kandang Filipina.

"Sebab dalam dua partai ketika melawan Irak dan Filipina, kami hanya mendapatkan satu hasil imbang dan satu kekalahan," ucap Shin Tae-yong.

Dalam laga Maret 2024 nanti, kata STY, dirinya ingin mendapatkan hasil bagus sehingga dapat lolos ke babak berikutnya. Shin juga mengaku puas dengan perkembangan para pemainnya selama memainkan empat laga di Piala Asia 2023 di Qatar.

"Kami tetap menunjukkan perkembangan karena pemain bermain dengan baik, mereka mengikuti arahan dan instruksi di setiap pertandingan," kata Shin.

Meski langkah Skuad Garuda berakhir di tangan Australia usai kalah 0-4, STY melihat perkembangan positif dari para pemainnya setelah sukses menembus babak gugur 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya. Kinerja STY dan para pemain juga mendapat dukungan penuh dari PSSI. Karena itulah, STY menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus PSSI atas kepercayaan yang sudah diberikan hingga sekarang.

Selama lebih dari dua pekan berlaga di Qatar, timnas Indonesia sudah menghadapi empat lawan, yaitu Irak, Vietnam, dan Jepang di fase penyisihan Grup D, dan terakhir meladeni Australia di babak 16 besar.

Dari empat laga tersebut, Indonesia hanya meraih satu kemenangan atas Vietnam. Sedangkan tiga laga lainnya berakhir kekalahan.

STY melihat kualitas Irak, Jepang, dan Australia memang sudah jauh di atas skuad asuhannya. Menurutnya gaya permainan ketiga negara tersebut berbeda, yang menjadi bahan pembelajaran baru bagi Timnas Indonesia.

"Mereka punya gaya permainan yang beda. Saya belajar banyak hal dari mereka. Selain itu, ada Iran dan Korea. Saya rasa kelima tim itu yang akan bersaing sengit untuk menjadi juara," kata Shin.

Dengan keberhasilan timnas mencapai babak 16 besar, paling tidak mendapat hasil positif dengan naik peringkat ke posisi 142 atau melonjak lima angka dari semula 147 FIFA.

Sedangka Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengatakan timnya akan meninggalkan Qatar san kembali ke Tanah Air pada Selasa (30/1). Nova juga membenarkan sejumlah pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri tidak ikut terbang ke Tanah Air, tapi kembali ke klubnya masing-masing.

Sandy Walsh, misalnya, yang mengunggah dirinya sedang menaiki pesawat pada Senin (29/1) dinihari waktu Qatar atau hanya beberapa jam setelah laga Indonesia vs Australia. Walsh kemungkinan ke Belgia untuk kembali ke klubnya, KV Mechelen, yang akan bermain lagi pada 2 Februari 2024 melawan RSC Anderlecht. ant

Komentar