nusabali

Kemenangan Indonesia Buka Peluang Lolos ke Olimpiade Paris

  • www.nusabali.com-kemenangan-indonesia-buka-peluang-lolos-ke-olimpiade-paris

JAKARTA, NusaBali - Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia 1-0 di fase grup Piala Asia U-23, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4)  membuka peluang Indonesia lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Sukses itu jadi catatan sejarah untuk pertama kalinya Timnas U-23 menang atas Australia.

"Alhamdulillah Timnas U-23 mendapatkan kemenangan yang sangat penting atas Australia. Tentu ini membuat harapan lolos ke Olimpiade Paris 2024 masih terjaga dari cabang sepak bola,” kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (Okto), Jumat (19/4).

Timnas berpeluang lolos ke Paris 2024, jika minimal merebut peringkat ketiga atau masuk semifinal dan menang dalam perebutan tempat ketiga di fase Grup A Piala Asia U-23 2024. Saat ini, tim asuhan pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong itu di urutan kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin.

Sepanjang sejarah, Timnas Indonesia baru sekali lolos dan tampil di Olimpiade, yakni pada 1956 di Melbourne, Australia. Saat itu, langkah Indonesia yang dilatih Tony Pogacknik terhenti di perempatfinal usai dikalahkan Uni Soviet 0-4 pada laga di Olympic Park Stadium, Melbourne.

Saat laga Timnas kontra Australia, Okto menyaksikan langsung di Qatar. Okto memuji penampilan kiper Ernando Ari Sutaryadi, karena berhasil mengagalkan penalti Mohamed Traore di babak pertama. Ernando menjadi tembok Timnas Indonesia meraih clean sheet pertama di Piala Asia U-23 2024.

Okto juga menyaksikan laga Garuda Muda melawan tuan rumah Qatar yang berakhir 0-2 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024). Okto meminta seluruh pasukan Timnas U-23 tetap fokus untuk menghadapi laga selanjutnya melawan Yordania, Minggu (21/4).

“Semua harus tetap semangat, jaga fokus karena perjuangan belum berakhir. Masih ada pertandingan melawan Jordania. Kesempatan masih terbuka lebar buat Timnas U-23 mencetak sejarah lolos ke Olimpiade Paris 2024,” papar Okto. k22

Komentar