nusabali

Gema Anak Gianyar V, Ruang Berkreasi dan Suarakan Aspirasi

  • www.nusabali.com-gema-anak-gianyar-v-ruang-berkreasi-dan-suarakan-aspirasi

GIANYAR, NusaBali - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Gianyar memberikan ruang bagi anak untuk berkreasi, berapresiasi, dan berpartisipasi dengan menyelenggarakan Gema Anak Gianyar V di UPTD Laboratorium Perlindungan Tanaman Perkebunan Provinsi Bali, Banjar Mas, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kamis (25/1).

Kegiatan dengan tema ‘Gemakan Suara, Rajut Kisah Bersama’ dibuka dengan penyematan pin dan name tag oleh Kabid Perlindungan Anak DP3AP2KB, Anak Agung Sri Sruti Sundari.

Ketua Panitia, I Made Andika Widita R mengatakan, Gema Anak Gianyar V sebagai salah satu wadah berpartisipasi untuk memenuhi hak dan partisipasi anak. Melalui kegiatan ini akan terwujud anak-anak yang cemerlang yang didasari kepedulian, keragaman, dan keterbukaan. 


Gema Anak Gianyar V pada tahun 2024 diikuti oleh 125 orang peserta yang mendaftar secara online dari tanggal 16 sampai 26 Desember 2023. Semua peserta yang mendaftar diseleksi hingga terpilih 5 orang delegasi per kecamatan. “Pada hari ini terdapat 35 besar peserta Gema Anak Gianyar V tahun 2024,” kata Andika Widita. 

Setelah terpilih 35 besar dari 7 kecamatan, kemudian dilaksanakan Pra Gema Anak Gianyar di PLUT KUMKM Gianyar yang akan melahirkan Duta Anak Gianyar. Agung Sri Sruti Sundari mengatakan, sebagai Kabupaten Layak Anak, Pemkab Gianyar mendorong keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan dirinya sehingga anak dapat menikmati manfaat dari keputusan tersebut. “Peran serta anak sebagai pelopor dan pelapor diwadahi dalam Forum Anak,” kata Agung Sri Sruti Sundari.

Forum anak mempunyai fungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi suara, pendapat, keinginan, dan kebutuhan hak-hak anak serta perlindungan khusus anak dalam perumusan kebijakan maupun program pemerintah. Anak-anak yang hadir telah diakui kapasitasnya sebagai perwakilan anak-anak dari masing-masing kecamatan. 

Mereka diharapkan mampu menjadi corong suara dalam menyampaikan aspirasi. “Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, di tangan kalian nasib bangsa di masa depan. Jadilah agen perubahan demi kemajuan Kabupaten Gianyar,” pinta Anak Agung Sri Sruti Sundari.  7 nvi

Komentar