nusabali

Gema Anak Gianyar Pilih Duta Anak

  • www.nusabali.com-gema-anak-gianyar-pilih-duta-anak

GIANYAR, NusaBali - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Gianyar menggelar Gema Anak Gianyar V di Balai Budaya Gianyar, Sabtu (27/1). Gema Anak Gianyar untuk melahirkan duta anak yang akan menyuarakan aspirasi dan hak-hak anak. Grand Final Gema Anak Gianyar V dengan tema ‘Gemakan Suara, Rajut Kisah Bersama’ memilih 5 duta dari 35 kandidat.

Kelima anak yang terpilih sebagai Duta Anak Gianyar yakni Luh Kadek Dinda Pradnya Patni (Komisi Pendidikan), Putu Devira Virginia Lovilove (Komisi Kesehatan), Kadek Dian Karenina Dewi (Komisi Perlindungan Khusus), I Putu Raditya Agustayana Putra (Komisi Partisipasi), dan Putu Puspa Maharani (Komisi Jaringan). Terpilih sebagai Duta Persahabatan I Putu Gede Pangestu Harymastun dan Duta Favorit Anak Agung Gde Anom Mega Wibawa.

Malam Grand Final dihadiri Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Ketut Mudana, Kadis P3AP2KB Ir I Gusti Agung Sri Widiyawati, Kasek SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar. Dalam sambutanya, Ketut Mudana mengatakan sejak tahun 2014 Gianyar telah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Layak Anak, bahkan telah meraih predikat Nindya. Pemkab Gianyar dan seluruh elemen masyarakat telah bersama-sama ikut serta dalam upaya pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak. “Salah satunya, anak diberikan ruang untuk berpartisipasi dalam pembangunan melalui Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar,” kata Mudana.

Dengan adanya Gema Anak Gianyar V Tahun 2024, Mudana berharap anak-anak Gianyar dapat bergerak bersama-sama menyatukan suara dan upaya sehingga dapat menginspirasi teman-teman lainnya. “Para peserta Gema Anak Gianyar adalah anak-anak pilihan yang merupakan delegasi kecamatan yang menyuarakan suara anak di kecamatan masing-masing. Merekalah yang akan menjadi ujung tombak pemenuhan hak dan perlindungan anak di kecamatan,” ungkap Mudana. 

Mudana juga memberikan apresiasi kepada Forum Anak Daerah Kabupaten Gianyar yang telah sukses menyelenggarakan Gema Anak Gianyar V dan melahirkan Duta Anak Gianyar. “Semoga kalian dapat mengemban tugas mulia ini dengan baik dan dapat mengharumkan nama Gianyar hingga ke pelosok negeri,” pesan Mudana. 7 nvi

Komentar