nusabali

Duta GenRe Jembrana Diharapkan Jadi Engine of Change

  • www.nusabali.com-duta-genre-jembrana-diharapkan-jadi-engine-of-change

NEGARA, NusaBali - Babak Grand Final Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Jembrana Tahun 2024 digelar di Gedung Mendopo Kesari, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Jembrana, Rabu (17/4). Diikuti oleh 5 finalis putra dan putri, acara grand final ini dihadiri langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Finalis yang berhasil memasuki grand final disodori berbagai pertanyaan oleh para juri. Mereka diuji pengetahuan dan inisiatifnya dalam menyikapi berbagai permalasahan, terutama yang bertalian dengan pergaulan para remaja. Suasana pun terasa semakin meriah dengan kehadiran para pelajar yang merupakan pendukung finalis dari masing-masing sekolah.

Dalam kesempatan tesebut, Bupati Tamba mengatakan duta GenRe memiliki tugas yang sangat penting. Yakni sebagai motivator ataupun teladan bagi para remaja agar dapat melakukan berbagai kegiatan positif hingga merencanakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai cita-cita di masa depan.

"Duta GenRe selalu sebagai motivator bagi teman-teman yang lain. Sehingga teman-teman lain yang ada di lingkungan kalian bisa mengikuti rekam jejak kalian untuk hal-hal positif,”ujarnya.

Di samping itu, Bupati Tamba juga berharap duta GenRe bisa memberikan perubahan yang lebih baik dalam berbagai hal. Baik itu di lingkungan sekolah, rumah dan juga masyarakat. Dirinya juga mengajak duta GenRe untuk bisa ikut berkontribusi dan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan Jembrana Emas.

"Anak muda adalah engine of change, kalian adalah sebagai mesin perubahan. Sesuatu yang akan merubah konsep, paradigma dan jaman adalah anak muda. Kita akui hari ini kita memiliki anak muda yang luar biasa," ujar Bupati Tamba.

Sementara Ketua Panitia, Ni Komang Mesya Trista Yanti menjelaskan, Ajang Apresiasi Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Jembrana 2024 ini mengusung tema Abhitah Yowana Kriya yang memiliki makna keberanian pemuda mengekspresikan diri dengan tindakan kreatifnya.

Tema ini diharapkan dapat mewakili semangat remaja untuk terus berkembang sehingga terwujud sosok remaja yang berani mengekpresikan diri dengan segala tindakan kreatifnya serta berani untuk memimpin dengan inovasi, kesetaraan, dan kebebasan untuk berekspresi.

"Tujuan dari pemilihan duta GenRe ini ialah untuk melahirkan sosok figure role model di kalangan generasi muda. Dan mampu menjadi contoh serta panutan tentang pola pikir untuk mencegah terjadinya pernikahan dini, seks bebas, napza (penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) serta memiliki pemahaman mengenai kehidupan yang berencana," kata Mesya.

Dalam Pemilihan Duta GenRe Jembrana 2024 ini, terpilih sebagai pemenang Cening Aryatih Senja dari SMAN 1 Negara dan I Putu Devara Merta Adi dari SMAN 2 Mendoyo. Runner-up I, Luh Gede Keizya Fransiska Quinata dari SMAN 2 Mendoyo dan I Ketut Catur Juni Artawan dari SMAN 1 Mendoyo. Sedangkan Runner-up II, diraih I Gusti Ayu Putu Aurellia Arya Putri dari SMAN 2 Mendoyo dan I Putu Baratha Putra Yudita dari SMAN 2 Negara.

Selain itu, untuk kategori intelegensia diraih Ni Ketut Yudina Vinen dari SMAN 1 Mendoyo dan I Komang Gede Suddha Kriya dari SMAN 1 Pekutatan. Dan kategori favorit diraih Ni Putu Ayu Sri Parartha Maharani dari SMAN 2 Negara dan I Ngurah Kade Sandi Wiantara dari SMKN 1 Negara. ode

Komentar