nusabali

Razia Premanisme, Polres Badung Amankan 1 Tersangka Narkoba dan 2 Kendaraan Tak Bersurat

  • www.nusabali.com-razia-premanisme-polres-badung-amankan-1-tersangka-narkoba-dan-2-kendaraan-tak-bersurat

MANGUPURA, NusaBali.com - Dalam upaya mengantisipasi terjadinya praktek premanisme, Polres Badung pada Jumat (19/1/2024) dini hari, menggelar patroli gabungan semua fungsi di sekitaran wilayah hukum Polres Badung.

Patroli gabungan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono. Semua jajaran dari Polres Badung, termasuk para Kapolsek jajaran juga turun langsung dalam operasi tersebut.

Dalam kegiatan patroli gabungan, yang dilaksanakan sekitar pukul 00.30 Wita ini, sebanyak 422 orang yang ditemui di beberapa titik pusat keramaian diperiksa oleh para petugas di tempat.

Satu orang diantaranya, atas nama Moh. Deny Samsah Haryono berhasil dibekuk pihak kepolisian karena terlibat dalam praktek penyalahgunaan narkoba. Pria asal Jember itu, tertangkap basah membawa narkoba jenis Pil Koplo berjumlah 11 butir.

Selain itu, adapun dua unit sepeda motor juga diamankan oleh pihak kepolisian di tempat berbeda. Kendaraan-kendaraan yang dibawa oleh kedua pria berinisial RM (20) dan DL (21) itu, diketahui tidak memiliki surat-surat saat diperiksa.

Tim gabungan Polres Badung juga dalam kesempatan yang sama, mengamankan dua orang tanpa identitas, yakni RJ (22) dan AC.

Patroli gabungan ini dilaksanakan selama satu setengah jam, dan menyasar setiap pusat keramaian yang ada di wilayah hukum Polres Badung.

AKBP Teguh Priyo Wasono, menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini dilaksanakan secara serentak oleh semua jajaran, dan berfokus untuk menyasar setiap pusat keramaian yang ada di wilayah hukum Polres Badung.

“Kita sebagai aparat harus bertanggung jawab penuh, tergerak hatinya dan merasa itu merupakan tugas dan tanggung jawab Polri. Tanamkan mindset seorang Polri yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” kata AKBP Teguh dalam arahannya.

Teguh menerangkan operasi ini bertujuan untuk mengantisipasi tindakan premanisme yang bisa saja terjadi di pusat-pusat keramaian. Terlebih lagi dalam beberapa waktu belakangan ini, banyak kasus tindakan kekerasan atau premanisme yang semakin marak terjadi.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan kegiatan, setiap petugas mendatangi setiap tempat dan menghmbau para pengunjung untuk segera membubarkan kegiatan keramaian yang ada, mengingat pusat keramaian ini beroperasi hingga pada jam yang sangat tidak dianjurkan dan rawan terhadap berbagai tindakan kejahatan.

“Kegiatan operasi harus dilaksanakan melalui pendekatan yang humanis, ikhlas dan gembira,” tandas AKBP Teguh.

Beberapa tempat yang menjadi atensi dari kegiatan patroli kali ini adalah di sekitar daerah Mengwitani, Darmasaba, dan Blumbungan, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal.

Sebelum turun ke lapangan, kegiatan diawali dengan pelaksanaan apel bersama di lapangan Polres Badung, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

Patroli gabungan tersebut, dilaksanakan hingga pukul 03.00 Wita.

“Semua barang bukti yang diamankan di Mapolres Badung, didalami oleh Satreskrim, Satnarkoba dan Satlantas sesuai hukum yang berlaku,” pungkas  AKBP Teguh. *ol4

Komentar