nusabali

Program PNM Berhasil Berdayakan 381 Ribu Perempuan di Garut

  • www.nusabali.com-program-pnm-berhasil-berdayakan-381-ribu-perempuan-di-garut

GARUT, NusaBali.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Garut sukses menjalankan program pemberdayaan kaum perempuan di Garut, Jawa Barat. Tak heran jika Pemkab Garut pada akhir 2023 lalu memberikan penghargaan PNM Garut sebagai lembaga keuangan non bank terbaik.

Penghargaan yang diberikan Bupati Garut Rudy Gunawan dalam acara G Fest 2023 yang berlangsung di Alun-alun Garut, 27 Desember 2023 berkat  keberhasilan PNM dalam menjalankan tugas pemberdayaan masyarakat melalui pembiayaan dan pendampingan.

Pimpinan Cabang PNM Garut, Ramadhan Firmansyah mengatakan, program yang dijalankan PNM adalah upaya  meningkatkan kesejahteraan keluarga prasejahtera melalui sektor usaha mikro.

Ramadhan Firmansyah mengatakan lembaganya melalui sektor usaha mikro terus membantu kaum perempuan di Garut menjadi berdaya. Saat ini jumlah nasabah PNM di seluruh cabang Garut mencapai 381.644 orang.

“Kami terus mengembangkan kesejahteraan keluarga pra sejahtera melalui sektor usaha mikro untuk membantu kaum perempuan di Garut agar lebih berdaya,” ungkap Ramadhan dalam keterangan, Jumat (19/1/2024).

Ramadhan menambahkan, PNM konsen memberikan tiga modal sekaligus secara komprehensif kepada nasabah, yakni modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial.

Untuk menggenjot program tersebut, PNM Garut terus melakukan sosialisasi program kepada masyarakat luas. “Baru-baru ini kami mengunjungi Dinas Pertanian Garut bertemu dengan Bapak Ir Haeruman MP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut. Di sana kami melakukan pelatihan pengolahan kedelai menjadi sumber pendapatan,” sambung Ramadhan.

Pelatihan ini terinspirasi dari usaha nasabah PNM bernama Waniti. Ia sukses mengelola bantuan permodalan yang diterima dari PNM untuk mengawali usaha tauge. Kini usaha tersebut berkembang ke produk tempe dengan skala yang lebih besar. 

PNM Garut terus mengupayakan peningkatan kapasitas usaha nasabah, sehingga diharapkan usaha mereka menjadi lebih stabil, berkembang, dan inovatif. 

“Produk Mekaar mendukung sepenuhnya usaha nasabah dengan memberikan pelatihan cara pengemasan, pemasaran, sampai sertifikasi halal dan segala keperluan training untuk meningkatkan skill berusaha bagi nasabah,” pungkas Ramadhan.

Komentar