nusabali

Menginspirasi Generasi Baru: Perempuan Bali Sukses Menjadi Tuan Rumah Airbnb

  • www.nusabali.com-menginspirasi-generasi-baru-perempuan-bali-sukses-menjadi-tuan-rumah-airbnb

DENPASAR, NusaBali.com – Di era digital ini, perempuan Bali menunjukkan kemampuannya dalam mengembangkan usaha akomodasi melalui platform online. Dua contoh inspiratif adalah Ni Nyoman Citra Dewi dan Ayu Martiasih, yang telah sukses membangun bisnisnya.

Kisah inspiratif Citra dan Ayu, dua Superhosts Airbnb dari Pulau Dewata ini, menjadi bukti nyata bahwa perempuan mampu menjadi pemimpin dan motor penggerak ekonomi. Kiprah mereka juga menjadi inspirasi saat Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2024.

Citra, yang memiliki pengalaman 20 tahun di industri pariwisata, awalnya ragu untuk menjadi Tuan Rumah Airbnb karena merasa propertinya sederhana. Namun, dengan dukungan suami dan semangatnya, Citra mengubah Umah D’Alas menjadi tempat yang penuh keramahan dan kehangatan bagi para tamu.

Umah D'Alas yang dikembangkan oleh Ni Nyoman Citra Dewi.

Bagi Citra, menjadi Tuan Rumah bukan hanya tentang uang, tapi juga tentang berbagi budaya dan menciptakan pengalaman terbaik bagi para tamu.

“Menjadi Tuan Rumah membuka peluang bagi kami dan bisnis lokal. Kami menawarkan tur, pijat refleksi, dan makanan, memastikan tamu mendapatkan pengalaman terbaik dan menyelami budaya lokal,” ungkap Citra.

Sementara Ayu Martiasih memulai perjalanannya di Airbnb 11 tahun lalu. Awalnya hanya untuk menambah penghasilan, kini menjadi bisnis utama dengan melibatkan keluarganya.

Ayu dan keluarga tidak hanya menawarkan penginapan, tetapi juga pengalaman wisata budaya seperti kelas memasak dan tur perjalanan.

“Semakin lama, saya semakin terdorong untuk membagikan kecintaan terhadap Bali dengan menawarkan panduan wisata,” kata Ayu, yang saat ini mengelola BaleDaja Bungalow dan empat penginapan lainnya di Airbnb.

Citra dan Ayu sepakat bahwa menjadi Tuan Rumah Airbnb membantu mereka berkembang secara pribadi dan bisnis. Mereka mengasah kemampuan berbisnis, menerima tamu, dan membangun hubungan baik dengan banyak orang.

“Menjadi Tuan Rumah membantu wanita menjadi produktif tanpa harus bekerja formal. Kita bisa menyewakan properti atau menjadi Rekan Tuan Rumah. Yang terpenting adalah memperlakukan tamu dengan baik dan membagikan budaya Indonesia,” jelas Citra.

Bagi Ayu, menjadi Tuan Rumah di Airbnb membuka peluang untuk membangun koneksi dan berteman dengan perempuan hebat lainnya.

Bale Daja Bungalow dengan host Ayu Martiasih.

"Selama menjadi Tuan Rumah di Airbnb, saya berhasil membangun banyak koneksi dan berteman dengan tamu yang saya temui. Bahkan tidak jarang, saya bertemu dengan perempuan hebat lainnya," ungkap Ayu.

Kisah Citra dan Ayu menunjukkan bahwa perempuan mampu menjadi pemimpin dan motor penggerak ekonomi. Kegigihan, semangat, dan kreativitas mereka membuka peluang baru dan menginspirasi perempuan lain untuk berkarya dan mencapai kesuksesan.

Amanpreet Bajaj, General Manager Airbnb di Asia Tenggara, mengakui jika kaum perempuan mempunyai peran vital dalam membangun perekonomian, terutama dengan mendorong pertumbuhan dan transformasi sosial. 

“Di Airbnb, kami berkomitmen untuk membuat komunitas yang inklusif, beragam, dan setara untuk para Tuan Rumah dan tamu perempuan kami," kata Amanpreet Bajaj.

Di Indonesia, kata Amanpreet, hampir 50 persen Tuan Rumah Airbnb adalah perempuan. Mereka telah menghasilkan pendapatan lebih dari Rp1,5 triliun pada tahun 2023, menunjukkan dampak signifikan mereka dalam mendorong ekonomi lokal dan memberdayakan komunitas.

Komentar