nusabali

Presiden Jokowi Temui Nasabah Mekaar di Magelang, Apresiasi Kinerja PNM

  • www.nusabali.com-presiden-jokowi-temui-nasabah-mekaar-di-magelang-apresiasi-kinerja-pnm

MAGELANG, NusaBali.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Stadion Gemilang, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Presiden Jokowi senang melihat pertumbuhan penyaluran pinjaman PNM Mekaar yang signifikan. “Di tahun 2015, yang disalurkan kurang lebih hanya Rp 800 miliar untuk 400an ribu nasabah. Sekarang sudah 15,2 juta nasabah dan yang disalurkan Rp 237 triliun," puji Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi rendahnya angka kredit bermasalah (NPL) PNM Mekaar. "Yang nyicilnya disiplin hampir 100 persen. Artinya semuanya disiplin karena yang nggak bisa mengembalikan itu hanya kecil sekali 0,5 persen," ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mendorong para nasabah untuk tetap disiplin dan bekerja keras agar usahanya bisa naik kelas. "Kerjanya nggak kerja keras juga nggak mungkin bapak-ibu bisa berhasil, bisa meningkatkan jumlah pinjamannya," pesannya.

Presiden Jokowi juga berterima kasih kepada para account officer (AO) yang telah mendampingi para nasabah. "Proses pendampingan ini terus berjalan sehingga PNM Mekaar dapat menjadi program yang bermanfaat bagi rakyat," tandasnya.

Kisah Sukses Peserta Mekaar

Mita, salah satu nasabah PNM Mekaar di Kabupaten Magelang, sukses memperbaiki ekonomi keluarga. Bermodal pinjaman Rp 2 juta pada tahun 2017, Mita membeli printer untuk usaha percetakan.

Namun, usahanya sempat terhenti karena pandemi Covid-19. "Saya sama Mbak saya itu (berpikir) gimana caranya mengembalikan ekonomi keluarga. Tadinya malah itu (pinjaman) buat roti goreng. Terus itu berjalan, sepi. Habis itu kita buat racikan jamu, ya laku. Sampai sekarang malah yang (laku) itu," kata Mita.

Kini, produk jamu racikan Mita sudah dinikmati konsumen di Malaysia dan Jepang. "Jamu racikan kita sudah jual di luar negeri, sering ada UMKM seperti itu dan sudah jual di Shopee juga, di marketplace," ungkap Mita.

PNM Mekaar adalah program yang membantu perempuan prasejahtera untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Program ini memberikan pinjaman modal usaha dan pendampingan kepada para nasabahnya.

PNM Mekaar telah terbukti membantu banyak perempuan prasejahtera untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Komentar