nusabali

Dewa Yadi Raih Perunggu Beregu

Gagal Susul Fathur Gustafian ke Olimpiade 2024 Paris

  • www.nusabali.com-dewa-yadi-raih-perunggu-beregu

Ya, kecewa juga dengan hasil ini. Karena target saya ingin mendapat tiket ke Olimpiade. Namun, kami tidak masuk final. Saya harus lebih banyak berlatih lagi dan saya juga harus lebih kerja keras lagi.

JAKARTA, NusaBali
Atlet menembak asal Bali, Dewa Putu Yadi Suteja meraih medali perunggu 25 meter rapid fire pistol di nomor beregu putra dalam Asian Rifle/Pistol Championship pada 5-18 Januari 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat. Dewa Yadi mendapatkan perunggu bersama Anang Yulianto dan Deka Diko Anugrah, dengan skor 1718.

"Peraih medali emas Tim Korea dan medali perak Tim Vietnam," ujar Dewa Yadi, usai pertandingan, Sabtu (13/1). 

Tim Korea terdiri dari Song Jong Ho, Hong Sukjin dan Lee Jaekyoon. Mereka mendapatkan medali emas dengan skor 1736. Sedangkan tim Vietnam yang terdiri dari Ha Minh Thanh, Phan Xuan Chuyen dan Vu Thien Nam mendapatkan medali perak dengan skor 1722. 

Foto: Dewa Yadi (kanan) bersama Anang Yulianto dan Deka Diko Anugrah meraih medali perunggu di nomor beregu putra di 25 meter rapid fire pistol. -IST

Menurut Dewa Yadi, Tim Veitnam merupakan salah satu lawan kuat. Mereka juga kerap bertemu di SEA Games 2022 Vietnam dan Asian Games 2023 Hangzhou.

"Tapi, mereka belum lolos ke Olimpiade. Sedangkan Tim Korsel sudah lolos. Tim Korsel merupakan lawan kuat dan berpengalaman pula," terang Dewa Yadi. 

Dewa Yadi mengatakan, meski mendapat medali perunggu. Namun hasil itu, tidak sesuai harapannya. Pasalnya, Dewa Yadi berharap lolos ke Olimpiade melalui Kejuaraan Asian Rifle/Pistol Championship di Jakarta ini. Untuk masuk ke Olimpiade, setidaknya dia dan rekan-rekannya harus ke babak final. Karena itu, Dewa Yadi mengaku, sedikit kecewa.

"Ya, kecewa juga dengan hasil ini. Karena target saya ingin mendapat tiket ke Olimpiade. Namun, kami tidak masuk final. Saya harus lebih banyak berlatih lagi dan saya juga harus lebih kerja keras lagi," kata Dewa Yadi.

Foto: Atlet menembak asal Bali Dewa Yadi meraih medali perunggu di 25 meter rapid fire pistol di nomor beregu putra. -IST

Menurut Dewa Yadi, faktor kekalahan karena terlalu percaya diri. Sayangnya, mendekati pertandingan berakhir, dia kehilangan fokus. Dewa Yadi pun, akan memperbaiki diri, khususnya agar lebih konsentrasi di pertandingan akhir.

"Dari pertandingan ini, evaluasi saya harus lebih bagus pada tembakan awal dan akhir. Lantaran itu, sangat mempengaruhi," terang Dewa Yadi. Selain di beregu putra, Dewa Yadi main pula di nomor perorangan. Namun hasil di nomor individu belum maksimal. Sebab Dewa Yadi menempati peringkat ke 19 dari 36 atlet. Pria yang memperkuat Tim Indonesia di Asian Games 2023 Hangzhou ini mendapat skor 571. 

Melalui Asian Rifle/Pistol Championship 2024, sejauh ini Indonesia mengamankan satu tiket menuju Olimpiade Paris 2024 melalui Fathur Gustafian. Atlet asal Bogor, Jawa Barat, itu merebut tiket Olimpiade usai finis di peringkat empat pada final nomor 10 meter Air Rifle Men, pada Rabu (10/1) lalu. k22

Komentar