nusabali

1.500 Tenant UMKM Ikuti Bali Great Sale, Raih Peningkatan Traffic dan Transaksi Signifikan

  • www.nusabali.com-1500-tenant-umkm-ikuti-bali-great-sale-raih-peningkatan-traffic-dan-transaksi-signifikan

MANGUPURA, NusaBali.com - Bali Great Sale, sebuah event besar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Bali, sukses melibatkan sebanyak 1.500 tenant Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Bali. Acara yang berlangsung sejak 15 Desember 2023 sampai 14 Januari 2024 itu, setidaknya mengajak 11 rekanan dari mal besar di Bali.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi APPBI Bali, Gita Sunarwulan menerangkan salah satu indikator keberhasilan dari event tersebut adalah peningkatan jumlah traffic tamu di mal anggota sekitar 30 persen sepanjang event.

“Kami melihat peningkatan transaksi yang sangat positif selama acara ini, mencapai lebih dari Rp 700 juta dari top spender yang kami catat. Ini membuktikan bahwa UMKM di Bali mampu menarik minat konsumen dan meningkatkan daya beli,” ujarnya saat ditemui dalam acara Bali Great Sale di Discovery Mall Bali, Kuta, Badung, Sabtu (6/1/2023) malam.

Gita mengungkapkan, Bali Great Sale tidak hanya berfokus pada kegiatan belanja, tetapi juga mengusung konsep yang melibatkan dan mendukung pelaku UMKM. Adapun beberapa mall yang menjadi rekanan pihaknya seperi Discovery Mall Bali, Living Word, Mall Bali Galeria, Beachwalk Shopping Center dan lainnya.

Dengan keberhasilan yang diraih, Gita berharap Bali Great Sale dapat menjadi event tahunan yang dinanti-nantikan oleh masyarakat dan pelaku bisnis.

“Kami berharap event ini menjadi tradisi dan memberikan kontribusi positif tidak hanya bagi UMKM tetapi juga bagi pertumbuhan ekonomi Bali secara keseluruhan,” harapnya

Ditemui dalam kesempatan yang sama, General Manager Discovery Mall Bali, Rachmat H Tanuharja, menyampaikan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan industri retail dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bali. Rachmat juga berbagi informasi mengenai peran Discovery Mall dalam mengakselerasi sektor retail dan memberdayakan UMKM.

“Sebagai manajemen Discovery Mall, kami memiliki tekad untuk menjadi pemain utama dalam mendorong pertumbuhan industri retail dan mendukung para pelaku UMKM di Bali. Saat ini, kami bangga melibatkan 35 tenant UMKM yang telah bergabung dengan kami sejak tiga tahun terakhir,” ungkap Rachmat.

Berkaitan dengan Bali Great Sale, Rachmat menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menambah daya tarik Kuta sebagai destinasi pariwisata dan industri kreatif yang semakin diminati.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif seperti Bali Great Sale dan program seni budaya kami. Kami berharap dapat memberikan pengalaman unik kepada wisatawan, tidak hanya dalam hal belanja tetapi juga seni dan budaya Bali yang kaya,” ucapnya.

Sementara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang juga menghadiri acara Bali Great Sale, menyatakan rasa bangganya dapat hadir dalam event yang dianggapnya sebagai suatu kebanggaan.

“Saya sangat bangga dapat berada di Bali Great Sale hari ini. Saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini, yang tak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang luar biasa. Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya meningkatkan dan mendorong ekonomi lokal tetapi juga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali,” ujar wanita yang akrab disapa Bintang Puspayoga itu.

Menteri Bintang Puspayoga berharap, Bali Great Sale bukan hanya menjadi ajang peningkatan ekonomi lokal tetapi juga dapat memberikan dorongan semangat kepada pelaku UMKM untuk menciptakan karya yang lebih baik. Menteri Bintang Puspayoga berharap bahwa acara ini dapat menjadi event tahunan yang memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

“Mudah-mudahan di tahun ini penuh harapan dan bisa memberikan kemanfaatan keberkahan kepada para pelaku umkm, serta Event ini bisa menjadi event tahunan kepada pendampingan para pelaku UMKM kita. Karena saya lihat acara ini tidak hanya meningkatkan ekonomi tetapi juga kunjungan pariwisata,” pungkasnya. *ris

Komentar