nusabali

Pelatda PON Bali Dijadwalkan Juni

  • www.nusabali.com-pelatda-pon-bali-dijadwalkan-juni

Pelatda sentralisasi ancer-ancernya kan tiga bulan sebelum PON. Ya, perkiraan kita itu sekitar Juni 2024. Tiga bulan cukup bagi atlet, sehingga para atlet siap dengan kondisi optimal.

DENPASAR, NusaBali
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mulai ancang-ancang melakukan pemetaan terkait Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) bagi atlet yang lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara. Rencananya, Pelatda PON Bali akan dilaksanakan pada Juni 2024.

Ketua Umum KONI Bali Cmenerangkan memasuki tahun 2024 ini, pihaknya mulai ancer-ancer melaksanakan berbagai pendekatan maupun pemetaan untuk Pelatda bagi atlet yang lolos PON Aceh dan Sumatera Utara. Dari pemetaan itu, Pelatda akan lebih optimal dilaksanakan tiga bulan sebelum atlet dikirim ke pesta olahraga nasional itu. 

"Pelatda sentralisasi ancer-ancernya kan tiga bulan sebelum PON. Ya, perkiraan kita itu sekitar Juni 2024," kata Oka Darmawan, Jumat (5/1)

Menurut Oka Darmawan, waktu tiga bulan tersebut sangat cukup bagi atlet untuk dilakukan pemusatan latihan PON. Dia pun berharap saat Pelatda, para atlet sudah siap dengan kondisi optimal. 

Selain itu, Oka Darmawan juga tidak memungkiri sebelum masuk Pelatda, para atlet yang sudah lolos itu tetap melakukan pemusatan secara mandiri atau di masing-masing cabornya. 

"Saat ini semua atlet itu juga tetap menjalani latihan di cabornya masing-masing," kata Oka Darmawan

Disinggung terkait adanya cabang olahraga yang ingin melakukan pemusatan latihan di luar daerah, Oka Darmawan mengaku tidak mempersoalkan itu. Karena bisa saja ada atlet cabor yang bisa melakukan Pelatnas (pemusatan latihan nasional). Yang terpenting, kata Oka Darmawan, saat PON 2024 atlet sudah siap berlaga sesuai jadwal KONI Bali. 

"Kalau Pelatda tentu di Bali. Kalau Pelatnas nggak masalah, yang penting sesuai jadwal. Mohon doanya," ungkap Oka Darmawan lagi.

Sementara itu,  KONI Bali berhasil meloloskan 563 atlet dari 48 cabang olahraga saat babak kualifikasi PON hingga akhir Desember 2023. Jumlah tersebut melebihi target KONI Bali yang hanya mematok 500 atlet. 

KONI Bali sendiri sudah menyerahkan ke Pemprov Bali untuk seluruh atlet yang lolos itu, terkait dengan penganggaran menuju event nasional di Aceh dan Sumatera Utara. Namun, sejauh ini KONI Bali juga belum dapat memastikan apakah semuanya diberangkatkan ke PON 2024 atau tidak. dar

Komentar