nusabali

Ancaman Macet di Nusa Penida Saat Nataru

Dishub Klungkung Atensi Arus Lalu Lintas sampai Akhir Tahun

  • www.nusabali.com-ancaman-macet-di-nusa-penida-saat-nataru

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung melakukan atensi arus lalu lintas menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Hal ini untuk mencari solusi kemacetan panjang di Nusa Penida yang kerap terjadi setiap akhir tahun.

Kadis Perhubungan Klungkung I Gusti Gede Gunarta mengatakan, sudah menggelar pertemuan dengan pihak-pihak terkait untuk membahas dan antisipasi kemacetan lalu lintas, saat Nataru di Nusa Penida. Di antaranya bertemu dengan melibatkan UPP (Unit Penyelenggara Pelabuhan) di Nusa Penida, Kepolisian dan TNI beberapa waktu lalu.

Pengalaman sebelumnya, kata Kadishub Gunarta, penyebab kemacetan di Nusa Penida adalah terbatasnya kantong parkir di sekitar pelabuhan, serta padatnya aktivitas angkutan pariwisata yang menjemput atau mengantar tamunya ke pelabuhan. “Kami akan menyiagakan petugas yang bekerjasama dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas," ujar Kadishub Gunarta, Sabtu (23/12).

Kata dia, Dishub Klungkung juga terus memberikan imbauan kepada sopir-sopir angkutan pariwisata untuk tertib saat menjemput ataupun mengantar tamunya ke pelabuhan. Pasalnya, kemacetan kerap terjadi karena angkutan yang menjemput maupun mengantar wisatawan ke pelabuhan menumpuk di sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh dalam waktu bersamaan. Terlebih di sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh belum ada kantong parkir yang memadai.

Sementara untuk rekayasa lalu lintas di ruas jalan tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan, karena tidak adanya jalur lain. "Kami atensi lalu lintas di Nusa Penida hingga pergantian tahun," ujar Gunarta. N wan

Komentar