nusabali

STY Optimistis Lolos 16 Besar

Latihan Teknik-Taktik Baru Dimulai 1 Januari

  • www.nusabali.com-sty-optimistis-lolos-16-besar

JAKARTA, NusaBali - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) optimistis mampu memenuhi target lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Target itu memang dibebankan kepada STY dalam turnamen yang berlangsung , pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 itu.

Tergabung di grup cukup berat, Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Jepang, STY mengaku akan berusaha maksimal dengan para pemain yang dibawanya. Untuk lolos ke 16 besar, Timnas harus masuk dua tim teratas atau empat peringkat ketiga terbaik dari babak penyisihan grup.

"Persiapan kita targetnya 16 besar. Untuk itu saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras," kata STY, di laman resmi PSSI, Kamis (21/12).

"Indonesia secara ranking FIFA juga paling rendah (di antara ketiga tim lainnya). Namun dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Kita juga mohon doa dan dukungan seluruh fans, pendukung, dan rakyat Indonesia agar kami meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Karena itulah, Shin akan memanfaatkan sebaik mungkin pemusatan latihan (TC) Timnas di Turki pada 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 untuk membentuk tim terbaik. Pada TC ini, sebanyak 28 pemain dipanggil. 

Sebelumnya, ada 29 nama yang dipanggil, tetapi satu nama yakni Yance Sayuri dicoret karena cedera. Dari 28 nama itu, 17 pemain merumput di Liga 1 Indonesia dan 11 pemain merumput di luar negeri.

Shin juga mengungkapkan akan memberikan materi latihan fisik dasar dan taktik kepada para pemain Indonesia. Selain itu, selama di Turki akan menggelar dua kali ujicoba melawan Timnas Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 di Antalya. Selain itu, Skuad Garuda juga bakal berlatih tanding dengan Timnas Iran di Qatar pada 9 Januari 2024.

Lebih jauh STY mengatakan baru dapat memberikan menu latihan taktik yang lengkap kepada pemain Indonesia pada 1 Januari 2024.  Sebab, kata Shin, skuad Indonesia di Turki baru akan lengkap pada 1 Januari 2024 karena sejumlah pemain di luar negeri masih berkompetisi. "Setelah 1 Januari 2024, mungkin baru bisa memberikan latihan yang lebih baik secara taktik," ucap Shin Tae-yong. *

Komentar