nusabali

124 Personel Polres Amankan Nataru 2024

  • www.nusabali.com-124-personel-polres-amankan-nataru-2024

SINGARAJA, NusaBali - 124 personel Polres Buleleng disiapkan untuk mengamankan momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Masyarakat diminta menjaga kondusifitas, mengingat Nataru kali ini berbarengan dengan tahapan kampanye Pemilu 2024.

Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Darma Diatmika mengatakan, ratusan personel kepolisian tersebut akan dikhususkan dalam pengamanan Nataru. Dimana untuk pengamanan tahapan Pemilu, Polres Buleleng telah menyiapkan 495 personil yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata Agung.

“Untuk pengamanan akan dibagi dua, ada yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata Agung dan Nataru. Sudah dibuatkan sprin yang berbeda,” ujarnya, Senin (11/12), di Mapolres Buleleng.

Selain menyiapkan ratusan personel, Polres Buleleng juga akan membangun dua pos. Pos pengamanan di Taman Kota Singaraja, dan pos pelayanan di Pasar Banyuasri, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Pos tersebut akan dijaga oleh personel gabungan dari Kepolisian, TNI, Sat Pol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Damkar, BPBD Buleleng, dan Jasa Raharja. Selain itu, setiap Polsek juga akan dibuat pos pantau di dekat Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang ada di masing-masing Polsek tersebut.

AKP Diatmika menyebutkan, pihaknya juga akan mensosialisasikan terkait pelaksanaan pesta kembang api pada saat perayaan pergantian tahun nantinya. “Pos tersebut dibangun untuk memantau kegiatan masyarakat dan DTW. Serta memberikan sosialisasi protokol kesehatan,” kata dia.

Polisi meminta pihak-pihak yang akan menggelar pesta kembang api pada momen pergantian tahun di fasilitas umum untuk meminta izin lebih dulu. “Untuk pesta kembang api kami belum terima data, karena proses pencarian ijin itu ada di bagian Intel. Tapi kalau untuk pesta kembang api di fasilitas umum atau tempat keramaian, pasti memerlukan izin,” kata dia.

AKP Diatmika berharap, masyarakat bisa menjaga kondusifitas dalam menyambut Nataru 2024. Mengingat Nataru saat ini juga bertepatan dengan jalannya tahapan kampanye Pemilu 2024. Masyarakat pun diharapkan bisa menyikapi pesta demokrasi ini secara damai.

“Walaupun dibarengi dengan tahapan pemilu, masyarakat jangan ada yang memetak-metak diri. Lebih baik kita jaga sama-sama kondisi, agar tetap kondusif. Mari sikapi politik ini dengan damai,” ucapnya.7mzk

Komentar