nusabali

Turunkan Kekuatan Penuh, Polsek Denbar Pastikan Tarawih Lancar

  • www.nusabali.com-turunkan-kekuatan-penuh-polsek-denbar-pastikan-tarawih-lancar

DENPASAR, NusaBali - Dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman, lancar, dan kondusif selama pelaksanaan Sholat Tarawih, Personel Polsek Denpasar Barat (Polsek Denbar) melakukan kegiatan pengamanan di masjid dan mushola yang berada di wilayah hukumnya pada Rabu (20/3) malam.

Aparat Polsek Denbar berkolaborasi dengan petugas pengamanan internal masjid dan mushola, melakukan pemantauan dan pengaturan arus lalu lintas guna memastikan pelaksanaan Sholat Tarawih berjalan dengan lancar dan aman.

Kapolsek Denbar, Komisaris Polisi I Gusti Agung Made Ari Herawan, menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, khususnya umat Islam yang sedang melaksanakan Sholat Tarawih di bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah. Mulai dari saat jamaah berangkat ke tempat ibadah hingga selesai melaksanakan Sholat, personel Polsek Denbar siap memberikan perlindungan dan pengawasan.

"Kami melakukan pengamanan ini sebagai upaya untuk menciptakan situasi yang aman, tertib, tenang, dan lancar bagi jamaah Muslim yang melaksanakan Sholat Tarawih. Ini adalah bagian dari pelayanan kami kepada masyarakat," ungkap Kapolsek Denbar.

Sebelumnya Polsek Denbar sudah kerap memantau jalannya Sholat Tarawih untuk menjaga ketertiban memastikan langkah keamanan untuk mengatasi kerumunan anak baru gede (ABG) di sekitar halaman masjid atau mushola. Untuk itu, Bhabinkamtibmas, sebagai pembina keamanan di desa binaannya, menyampaikan pesan-pesan dan himbauan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

Himbauan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap terjadinya kenakalan remaja dan aksi perang sarung yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya setelah malam Sholat Tarawih. Kapolsek Denbar menjelaskan bahwa melalui peran Bhabinkamtibmas dalam menyampaikan himbauan, diharapkan para ABG dapat menghindari terlibat dalam aksi perang sarung yang berpotensi membahayakan keselamatan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

Dia menambahkan melalui himbauan dan pesan-pesan kamtibmas ini, para ABG dapat lebih aktif dalam kegiatan positif di lingkungan mereka, seperti mengikuti kegiatan keagamaan, olahraga, dan seni. Dengan demikian, dapat meminimalisir terjadinya kenakalan remaja maupun aksi perang sarung yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Langkah ini menunjukkan komitmen Polsek Denbar dalam memastikan keamanan dan kenyamanan bagi jamaah yang menjalankan ibadah Sholat Tarawih di bulan Ramadan. Dengan kolaborasi antara petugas keamanan dan jajaran polisi, diharapkan pelaksanaan ibadah di masjid dan mushola dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan. 7 cr79

Komentar