nusabali

Polsek Denbar Atensi Rumah Pemudik

  • www.nusabali.com-polsek-denbar-atensi-rumah-pemudik

DENPASAR, NusaBali - Memasuki masa libur Hari Raya Idul Fitri, Polsek Denpasar Barat (Polsek Denbar) mengambil langkah proaktif dengan meningkatkan kegiatan patroli untuk mengawasi wilayah-wilayah permukiman serta rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya dalam rangka mudik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polsek Denbar untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya, Kamis (11/4) malam.

Perwira Pengawas (Pawas) Iptu Petrus Peta menyatakan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan patroli rutin, tetapi juga memberikan himbauan kepada Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan setempat untuk mengidentifikasi rumah-rumah yang kosong dan memerlukan pengawasan khusus. 

"Kami juga mengajak masyarakat untuk aktif melapor kepada Bhabinkamtibmas setempat jika menemukan aktivitas mencurigakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan rumah-rumah yang ditinggalkan saat libur Idul Fitri," ungkapnya, 

Kapolsek Denbar, Komisaris Polisi I Gusti Agung Made Ari Herawan, menegaskan bahwa kegiatan patroli ini bertujuan untuk mencegah potensi tindak kriminalitas, terutama di rumah-rumah yang ditinggalkan selama libur Idul Fitri. Dia juga mengapresiasi kerja sama yang baik antara anggotanya dengan perangkat desa dan pecalang dalam menjaga keamanan wilayah.

"Peningkatan patroli rumah kosong dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian, terutama ketika para penghuni rumah itu mudik ke kampung halaman. Kami berkoordinasi dengan pihak terkait dan menjaga sikap humanis dalam berinteraksi dengan masyarakat. Upaya ini kami harapkan dapat mendukung terciptanya situasi yang kondusif di Denpasar Barat selama libur Lebaran," tegasnya.

Untuk itu, kata Kapolsek Denbar, pihaknya juga sudah memetakan sejumlah lokasi yang rumahnya ditinggal oleh para penghuninya, agar tetap terjamin keamanan selama masa libur Idul Fitri. 

"Dengan dasar data dari kepala dusun, Bhabinkamtibmas akan memberikan prioritas kepada rumah-rumah yang telah ditinggalkan dan dilaporkan kepada kami", tuturnya.

Melalui kerjasama antara Bhabinkamtibmas dan Pecalang, Polsek Denbar memperkuat patroli ke wilayah permukiman warga untuk memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan para pemudik. Hal ini sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat dalam mencegah terjadinya tindak kejahatan. 

Kapolsek Denbar menekankan pentingnya memasang kunci pengaman pada pintu, jendela, dan pagar rumah serta memberikan laporan kepada pihak berwenang sebelum meninggalkan rumah. Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi para pemudik dan mencegah terjadinya tindak kriminal selama masa libur Idul Fitri. 7 cr79

Komentar