nusabali

Teco Fokus Terengganu dan Persib

  • www.nusabali.com-teco-fokus-terengganu-dan-persib

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Bali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra fokus menatap dua pertandingan dengan beda kompetisi pada pekan depan. Yakni, melawan Terengganu FC dan Persib Bandung.

Ya, pada Rabu (13/12) mendatang, Bali United menantang wakil Malaysia, Terengganu FC, pada laga terakhir Grup G Piala AFC 2023 di Sultan Mizan Zainal Abidin Stadium, Kuala Lumpur, Terengganu, Malaysia.

Hasil laga kontra Terengganu FC tidak lagi menentukan kelolosan Bali United dari Grup G Piala AFC 2023. Bali United dengan tujuh poin dari lima laga menempati urutan ketiga klasemen Grup G Piala AFC 2023. Lalu pada hari Senin (18/12), Bali United menjamu Persib dalam pekan ke-23 Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Bagi Teco, saat ini timnya lebih konsentrasi pemulihan fisik untuk menatap dua laga yang disebut di atas tersebut. Menurutnya, timnya akan bertanding di Malaysia, dengan waktu persiapan yang mepet. "Sama juga ketika menghadapi Persib, kami sudah tahu jadwal itu. Harus kejar recovery dari pemain agar terhindar dari cedera," kata Teco.

Sementara itu, dalam persiapan dan perencanaan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada awal Februari 2024, Teco menerangkan ada faktor lain juga yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas sepakbola di Indonesia.

Hal itu tidak terlepas dari situasi timnya saat menjalani laga pekan ke-22 Liga 1 di markas Dewa United FC, Jumat (8/12) lalu. Menurutnya, tidak ada masalah jika VAR benar-benar diterapkan di Indonesia. Asalkan sumber daya manusia yang dipercayakan menjalani alat tersebut dapat membantu sebuah pertandingan dengan baik.  

“Saya sering mendapat pertanyaan soal VAR, saya berpikir lebih bagus fokus dulu memperbaiki soal lapangan daripada VAR. Tetapi menurut saya waktu VAR diterapkan mudah-mudahan baik untuk memperbaiki sepak bola di Indonesia.” kata Teco.

Bahkan Teco juga memberikan rekomendasi soal rumput lapangan yang dimiliki Stadion Dipta sebagai homebase dari Serdadu Tridatu. Selain itu, Bali United juga sedang membangun fasilitas tempat latihan yang indah di pesisir pantai Purnama, Gianyar.

PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) mematangkan perencanaan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 musim ini. Total 15 VAR disiapkan dimana hanya ada 3 VAR Room yang tersedia di venue pertandingan peserta BRI Liga 1 musim ini.

Penerapan VAR di liga Indonesia tersebut masih sesuai rencana awal yaitu awal Februari 2024 atau pekan ke-24 Liga 1 musim ini. *

Komentar