nusabali

Meksiko Pesta Gol, Indonesia Pun Kandas

  • www.nusabali.com-meksiko-pesta-gol-indonesia-pun-kandas

BANDUNG, NusaBali - Pupus sudah harapan Timnas Indonesia U-17 lolos ke 16 Besar Piala Dunia U-17 2023. Kepastian itu terjadi setelah Meksiko pesta gol saat mengalahkan Selandia Baru 4-0, pada matchday terakhir Grup F Piala Dunia U-17 2023, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/11) sore.

Selain menjadi tim terakhir yang lolos ke 16 besar dan menyingkirkan Indonesia, tim Zona Concacaf itu secara tidak langsung juga mendepak Korea Selatan dan Burkina Faso di Grup E, yang masih tanpa poin dan maksimal akan meraih 3 poin. Dengan 4 poin, Meksiko jadi tiga tim ketiga dari Grup F, mendampingi Jerman (9 poin) dan Venezuela (4 poin). 

Meski sempat ditunda karena cuaca yang buruk, pertandingan yang menentukan ini tetap terlaksana. Kedua tim bermain dengan penuh hati-hati pada awal laga. Bahkan hingga 30 menit pertandingan berjalan, tidak ada satu peluang pun yang berbuah menjadi gol.

Meksiko yang butuh angka untuk menyegel tiket terakhir 16 besar Piala Dunia U-17 2023 tampak berusaha mengonversi peluang jadi gol.

Gol pembuka kemenangan Meksiko baru tercipta pada menit ke-42. Fidel Barajas berhasil mengoyak jala gawang Selandia Baru setelah menerima umpan dari Luis Navarrete.

Unggul satu gol pada akhir babak pertama membuat Meksiko termotivasi. Hasilnya, babak kedua baru berjalan dua menit, Meksiko menggandakan keunggulan lewat gol Adrian Fernandez de Lara. Lalu Stephano Carrillo membuat gol ketiga dan gol keempat lewat penalti. 

Kemenangan yang diraih Meksiko atas Selandia Baru langsung memupuskan harapan Indonesia lolos ke 16 Besar.

Tanpa harus menunggu lagi laga Burkina Faso kontra Korea Selatan di Grup E, Meksiko dipastikan menjadi tim terakhir yang menyegel tiket 16 besar Piala Dunia U-17 2023 dengan mengoleksi empat poin dari tiga laga di Grup F. 

Sedangkan Jerman menggasak Venezuela 3-0 dalam laga ketiga Grup F di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu. Kemenangan itu membuat Jerman menjadi pemuncak Grup F dengan sembilan poin dari tiga kali laga. 

Sukses membawa timnya ke 16 besar, pelatih Jerman Christian Wueck menargetkan timnya melaju ke final Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, target timnya sekarang bertahan selama mungkin di Indonesia. Wueck mengakui timnya butuh keberuntungan agar bisa bertahan hingga final pada 2 Desember mendatang.

“Jadi, saya rasa tim-tim di turnamen ini memiliki pemain yang bertalenta, juga di grup lainnya." kata Wueck.

Saat ini Jerman menunggu calon lawan di 16 besar, dan kemungkinan akan berhadapan melawan Amerika Serikat atau Prancis. Penentuan tersebut tergantung dari pertandingan antara kedua tim. ant

Komentar