nusabali

Wawali Dorong Kreativitas Anak Muda Bangun Ekosistem Kreatif

Pembukaan Sabha Ke-13 PC KMHDI Denpasar

  • www.nusabali.com-wawali-dorong-kreativitas-anak-muda-bangun-ekosistem-kreatif

DENPASAR, NusaBali - Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa membuka Sabha ke-13 Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Denpasar di Auditorium Taman Asoka Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, Jumat (27/10).

Sabha ke–13 kali ini dikemas dengan seminar kewirausahaan yang bertema ‘Muda Gemilang Denpasar Cemerlang’, menyasar pelajar SMA/SMK dan mahasiswa se-Kota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Denpasar Made Muliawan Arya, Ketua Komisi III DPRD Denpasar Eko Supriadi, Kepala Dinas Kominfos Denpasar Ida Bagus Alit Adhi Merta, Kepala Badan Kesbangpol Denpasar AA Ngurah Gede Darma Putra Atmaja, Wakil Rektor III Unhi I Putu Sarjana, dan jajaran pengurus KMHDI pusat.

Sebagai pembicara utama dalam seminar ini Arya Wibawa menyambut baik dan mengapresiasi Sabha ke-13 PC KMHDI Denpasar dengan mengangkat tema seminar kewirausahaan anak muda.

“Ini menjadi tema yang sangat baik dan tepat untuk meningkatkan anak muda berperan penting dalam kewirausahaan, serta memberikan kontribusi dalam perekonomian dan masyarakat,” ujar Arya Wibawa.

Arya Wibawa menyampaikan Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali, pusat perekonomian memiliki permasalahan dan tantangan sebagaimana kota besar pada umumnya. Pembangunan Kota Denpasar dibingkai dalam visi ‘Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju’, Denpasar yang makmur, aman, jujur, dan unggul. Denpasar sebagai kota kreatif dimaknai sebagai ‘Denpasar kota hidup’ dengan kesadaran dinamis terhadap sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya spiritual.  

Tidak hanya itu, guna mendukung Denpasar kreatif dalam mengembangkan kreativitas anak muda telah dibangun Gedung Dharma Negara Alaya Creative Hub. Salah satu gedung kreatif lainnya yang saat ini sedang dibangun kawasan Suci Plaza yang terletak di Jalan Diponegoro. Gedung ini nantinya akan menjadi showcase bagi UMKM, IKM, dan start up Kota Denpasar. Program kreatif dalam ruang kreasi anak muda melalui D’Youth Fest, D’Tik Festival, Kasanga Festival hingga puncaknya ada di Denpasar Festival.

“Generasi muda menjadi potensi utama untuk menggerakkan pembangunan. Program-program yang dirancang Pemkot Denpasar sebagian besar fokus pada pengembangan kreativitas yang dukungan utamanya berasal dari anak muda,” ujarnya.  

Ketua PC KMHDI Denpasar I Gusti Putu Putra Mahardika menyampaikan  Sabha ke-13 PC KMHDI Denpasar berlangsung pada 27–29 Oktober 2023 yang menggelar seminar kewirausahaan melibatkan peserta dari siswa SMA/SMK dan perguruan tinggi di Kota Denpasar.  

Seminar kewirausahaan dengan semangat muda gemilang Denpasar cemerlang menyambut Indonesia Emas 2045. “Ini kita sering gaungkan serta rutin melakukan pengembangan SDM Hindu membangun generasi muda di Kota Denpasar,” ucapnya. @ mis

Komentar