nusabali

Bank BPD Bali Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Melalui Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Inovasi SMP Se-Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-tingkatkan-literasi-dan-inklusi-keuangan

DENPASAR, NusaBali - Dalam rangka memeriahkan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang jatuh di bulan Oktober, Bank BPD Bali menyelenggarakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Inovasi.

Gelaran ini diadakan sebagai salah satu Acara Puncak BIK Tahun 2023 serta bagian dari Program TPKAD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) yang melibatkan siswa-siswi di 16 (enam belas) Sekolah Menengah Pertama (SMP), baik negeri maupun swasta yang ada di Denpasar yang tergabung dalam Gen Dental (Generasi Denpasar Digital). Gen Dental Kota Denpasar nantinya akan menjadi ujung tombak dalam mengupayakan penerapan pembayaran secara digital di lingkungan sekolah masing-masing. Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Inovasi yang diinisiasi oleh Bank BPD Bali adalah upaya untuk mengedukasi para pelajar mengakses dan mengelola keuangan sejak dini menuju Indonesia Emas.

Lomba Cerdas Cermat dan lomba inovasi  yang dilaksanakan di Gedung Citta Kelangen, Kampus ISI Denpasar (Selasa,17 Oktober 2023) merupakan salah satu teknik pembelajaran yang digunakan untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui perlombaan. Selain untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, program ini juga bertujuan meningkatkan kreativitas generasi muda dengan mengusung tema acara akses keuangan merata, masyarakat sejahtera bersama Gen Dental.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Denpasar sekaligus membuka acara, Deputi Direktur Pengawasan LJK 2 dan Perizinan Kantor Regional OJK serta Direktur Utama Bank BPD Bali.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH, MH mengatakan bahwa Bank BPD Bali senantiasa mendukung program-program OJK dalam memberikan edukasi dan literasi keuangan kepada anak-anak sekolah di seluruh Bali, dan di Bulan Agustus 2023 Bank BPD Bali telah mendapatkan penghargaan dari OJK Pusat karena aktif dalam kegiatan Goes to School. Program ini juga bertujuan untuk mewujudkan Kota Denpasar menjadi salah satu kota unggulan, kota cerdas, dan inovatif dalam segala bidang utamanya anak-anak SMP yang sudah mengenal teknologi dan transaksi digital. “Kita harapkan anak-anak SMP ini dapat memitigasi risiko, karena akhir-akhir ini sering terjadi penipuan dalam pelayanan keuangan atau perbankan serta menambah wawasan generasi penerus agar semakin peka terhadap keamanan finansial” ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan kepada Deputi Direktur Pengawasan LJK 2 dan Perizinan Kantor Regional OJK, Yan Jimmy Hendrik Simarmata, dimana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kota Denpasar dan Bank BPD Bali karena senantiasa mendukung program kegiatan dari OJK.  “Kepada anak-anak SMP peserta acara yang hadir diharapkan dapat lebih memahami dan mengenal produk-produk jasa keuangan serta lembaga jasa keuangan, dimana nantinya diharapkan menjadi generasi penerus dan pemimpin masa depan” tutupnya.

Perlombaan Cerdas Cermat dan Lomba Inovasi tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan pengundian Doorprize serta berbagai hiburan menarik lainnya seperti musik akustik. Kegiatan ditutup oleh Direktur Utama Bank BPD Bali dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba cerdas cermat dan lomba inovasi. Pemenang lomba cerdas cermat diraih oleh  SMPN 12 Denpasar (juara I), SMPN 2 Denpasar (juara II), SMPN 1 Denpasar (juara III) dan untuk pemenang lomba Inovasi diraih oleh SMPN 12 Denpasar (juara I), SMPN 11 Denpasar (juara II), SMPN 1 Denpasar (juara III). 7

Komentar