nusabali

Gede Ganding Juara Pra PON

  • www.nusabali.com-gede-ganding-juara-pra-pon

JAKARTA, NusaBali - Pejudo Gede Ganding Kalbu Soetama atau akrab dipanggil Ganding merebut gelar juara Kejurnas Judo KASAD Cup 2023 yang juga ajang Pra PON, yang berlangsung di Basket Hall GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

Di final, Ganding mengalahkan pejudo Papua, Rinus Kogoya. Penyerahan medali emas diserahkan perwakilan NOC Indonesia, Krisna Bayu.

"Di Pra PON, saya bertanding empat kali. Di semua pertanding tersebut, saya menang. Terakhir saya menang dari pejudo Papua, Rinus Kogoya di babak final. Saya menang ippon," jelas Ganding usai penyerahan medali. 

Ganding mengatakan, pertemuan dengan Rinus di arena Pra PON merupakan kedua kali. Pertama kali, bertemu saat PON 2021 Papua. Saat itu, mereka saling berhadapan di babak penyisihan. Hasilnya, Ganding mengalahkan Rinus. Secara head to head, sampai saat ini Ganding unggul 2-0 dari Rinus. 

Bagi Ganding, perjalanan di final sangat baik. Sebab, dia bisa menguasai pertandingan. Selain itu, dia juga mampu membanting lawan sebelum waktu pertandingan habis sehingga menang secara ippon. Sementara lawan tidak mendapatkan nilai. Meski menang dari lawan, Ganding tetap menilai lawannya merupakan lawan tangguh.

"Lawan yang dihadapi tidak ringan. Semua berat, tapi tadi saya bisa mengatasi mengatasinya. Bahkan, di final lawan tidak mendapatkan nilai," terang Ganding. 

Dengan hasil tersebut, Ganding sudah mengamankan poin ke PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Tinggal, fokus menghadapi PON 2024. Ganding menganggap Pra PON ini sebagai batu loncatan agar lebih baik lagi, terutama saat berlaga di ajang olahraga antar provinsi itu. Lantaran Ganding ingin mempertahankan prestasinya meraih medali emas di PON 2021 Papua.

"Pertandingan besar nanti adalah PON 2024. Jadi, saya akan fokus ke sana. Saya akan menjaga fisik dan latihan lebih keras lagi mengingat PON akan berlangsung tahun depan," kata atlet lulusan S1 jurusan Sastra Inggris Universitas Udayana ini. k22

Komentar