nusabali

STY Panggil Tiga Pemain Baru

Indonesia Jamu Brunei di GBK Senayan

  • www.nusabali.com-sty-panggil-tiga-pemain-baru

JAKARTA, NusaBali - Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) memanggil tiga nama pemain baru, yakni Fachruddin Aryanto (Madura United), Dzaky Asraf (PSM Makassar), dan Hokky Caraka (PSS Sleman) untuk menggantikan Jordi Amat dan Yance Sayuri yang cedera.

Ketiganya diproyeksikan untuk laga Indonesia melawan Brunei Darussalam, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama, pada 12 dan 17 Oktober. Dengan tiga tambahan pemain, kini total jumlah pemain yang dipanggil pelatih asal Korea Selatan itu berjumlah 26 pemain.

Pada laga itu, Indonesia mendapat jatah sebagai tuan rumah pada laga pertama dan kemudian skuad Garuda akan terbang ke Brunei untuk laga kedua. Sedangkan saat Indonesia menjamu Brunei akan digelar di Stadion GBK Senayan. 

Hokky Caraka, yang kini melesatkan dua gol dan satu assist dari 13 laga Liga 1 2023/2024 untuk klub PSS Sleman mengaku senang dengan dipanggilnya ia di tiimnas senior.

Pemanggilan ini merupakan yang pertama bagi Hokky meskipun striker 19 tahun itu mempunyai 18 caps bersama timnas kelompok umur (U-19, U-20, U23) yang dilatih Shin Tae-yong.

Sementara itu, Timnas Indonesia tidak jadi bermarkas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), untuk menjam Brunei. Pasalnya, hingga kini Palembang masih diselimuti kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa wilayah Sumatera Selatan. Alhasil, kondisinya tidak memungkinkan menjadi homebase Timnas Indonesia.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, memastikan Timnas Indonesia akan bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, untuk melawan Brunei Darussalam pada 12 Oktober 2023.

"Saya inginnya di Sumsel karena Sumsel sempat diproses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," ujar Erick Thohir.

Keputusan memindahkan venue Timnas Indonesia berasal dari hasil rapat pengurus PSSI. Erick Thohir minta maaf dengan langkah yang diambil ini.

"Cuma karena situasi alam, yakni asap dan segalanya, kan tidak mungkin Timnas Indonesia di sana," ucap Erick Thohir. ant

Komentar