nusabali

Revitalisasi Pasar Tabanan, Konsultasi Publik 19 Oktober

  • www.nusabali.com-revitalisasi-pasar-tabanan-konsultasi-publik-19-oktober

TABANAN, NusaBali - Revitalisasi Pasar Tabanan atau yang disebut Pasar Gadarata (Gabungan Rakyat Tabanan) terus berproses. Tahapan terbaru bakal memasuki tahapan konsultasi publik yang rencananya digelar 19 Oktober 2023. Dalam tahapan ini akan mengundang pedagang dan pihak akademisi untuk meminta pendapat.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Tabanan I Gede Urip Gunawan mengatakan proses konsultasi publik pada intinya meminta pendapat. Karena akan mengundang pedagang dan sejumlah akademisi.

"Konsultasi publik ini bagian proses meminta pendapat kemudian ada proses menandatangai berita acara dan menyepakati dari apa yang rencanakan dan apa yang disusun," jelasnya, Rabu (4/10).

Menurutnya konsultasi publik ini bakal melibatkan orang banyak sehingga direncanakan digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria. "Tanggal konsultasi publik 19 Oktober dan kita tengah persiapan," imbuhnya.

Disebutkan selain bakal melaksanakan konsultasi publik, progres Pasar Tabanan ini juga sudah selesai di tahapan survei kepada pedagang dan warga. Survei diikuti 1.300 warga dan 400 pedagang. "Hasil survei 87 persen setuju Pasar Tabanan direvitalisasi," tegas Urip Gunawan.

Kendati sejumlah tahapan persiapan pembangunan sudah dilakukan namun masih banyak tahapan lagi yang harus dilalui. Salah satunya juga harus mempersiapkan relokasi. Karena sekarang keputusan relokasi masih gabeng antara jadi direlokasi ataupun tidak.

"Ada sejumlah pilihan. Pedagang tak direlokasi dan direlokasi. Kalau direlokasi sudah ada disiapakan opsi namun masih perlu dikoordinasikan," tegas Urip Gunawan.

Untuk diketahui Pasar Tabanan bakal dilakukan pembangunan awal tahun 2025. Tahapan untuk rancangan Pasar terbuka ini masih panjang. Dari hasil kajian sementara Pasar Tabanan bakal menelan anggaran Rp 1 triliun. Karena konsep dari pasar ini selain untuk Pasar Tradisional ada juga sejumlah kios yang dikomersilkan serta bakal dibangun bioskop dan mall. Sementara untuk kios bakal dibangun ribuan dengan konsep terbuka. 7des

Komentar