nusabali

Timnas U-24 Susun Target Bertahap di Asian Games

  • www.nusabali.com-timnas-u-24-susun-target-bertahap-di-asian-games

JAKARTA, NusaBali - Pelatih tim nasional Indonesia U-24 Indra Sjafri menyusun target secara bertahap di Asian Games 2022 untuk tim Garuda. Namun target awal lolos penyisihan grup.

"Kami konsentrasi dulu lolos di grup. Setelah itu kita lihat hasilnya baru bikin target baru," kata Indra Syafri, seusai memimpin latihan timnas Indonesia U-24 di Lapangan A kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (15/9).

Pada Asian Games 2022, Indonesia tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan. Tim Garuda akan mengawali laga dengan melawa Kirgistan pada Selasa (19/9), lalu Taiwan pada Kamis (21/9), dan terakhir Korea Utara pada Minggu (24/9). Skuad Garuda berangkat ke China pada Jumat (15/9) malam.

Cabang olahraga sepak bola di Asian Games 2022 dipertandingkan mulai 19 September hingga 8 Oktober. Namun, Indra masih enggan membeberkan strategi dan persiapan saat ditanya mengenai analisis soal laga pembuka menghadapi Kirgistan.

"Untuk laga lawan Kirgistan, setelah atau tanggal 18 September telepon saya, baru saat itu bisa menetapkan bagaimana strategi menghadapi Kirgistan," kata mantan pelatih Bali United itu.

Selain itu, Indra menyebut Asian Games 2022 merupakan kejuaraan yang digunakan untuk menambah kedalaman skuad timnas Indonesia dan memberikan jam terbang kepada sejumlah pemain yang kurang memperoleh menit bermain sebelumnya.

"Kita ingin pemain di timnas betul-betul punya kedalaman. Karena itu, ada muka-muka baru juga yang kita panggil, ada pemain-pemain yang sebelumnya memang sudah kita panggil tapi tenggelam lagi namanya, nah sekarang kita berikan kesempatan dan mendapat tanggung jawab menjadi pemain yang ikut di skuad Asian Games," kata Indra.
Dalam kesempatan itu, Indra Sjafri juga mengatakan telah melakukan diskusi dengan klub-klub terkait pemanggilan pemain untuk Asian Games 2024.

"Berkat diskusi yang kita lakukan dengan semua pelatih klub, kami mendapat pemain-pemain yang kami inginkan," kata Indra.

Indra mengungkapkan pemanggilan para pemain tim Garuda Muda juga telah sesuai arahan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang meminta untuk memprioritaskan diskusi dengan sejumlah klub.

"Alhamdulillah memang ada beberapa pemain yang sebenarnya ingin kita rekrut tapi kita dengan klub sangat memahami bahwa ini bukan agenda FIFA yang mereka wajib memberikan pemainnya. Karena itu arahan dari Ketum PSSI Pak Erick Thohir, lakukan diskusi sebaik mungkin dengan klub," kata Indra.

Indra Sjafri sendiri telah mengumumkan 22 nama pemain terpilih untuk ke pesta olahraga di Hangzhou itu. Enam di antaranya adalah skuad Timnas U-23 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong yang baru mencatatkan sejarah pertama kali lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk edisi 2024 di Qatar. Enam pemain itu adalah Daffa Fasya, Rizky Ridho, Dony Tri Pamungkas, Alfeandra Dewangga, Ramadhan Sananta, dan Titan Agung. ant

Daftar 22 Pemain Asian Games:
1. Daffa Fasya - Borneo FC
2. Ernando Ari - Persebaya 
3. Adi Satrio - PSIS Semarang
4. Andy Setyo - Persikabo 1973
5. Rizky Ridho - Persija Jakarta
6. Kadek Arel - Bali United
7. Haykal Alhafiz - PSIS Semarang
8. Dony Tri Pamungkas - Persija 
9. Bagas Kaffa - Barito Putera
10. Robi Darwis - Persib Bandung
11. Alfeandra Dewangga - PSIS 
12. Rachmat Irianto - Persib Bandung
13. Ananda Raehan - PSM Makassar
14. Beckham Putra - Persib Bandung
15. Syahrian Abimanyu - Persija 
16. Muhammad Taufany - Borneo FC
17. George Brown - Persebaya 
18. Hugo Samir - Borneo FC
19. Ramai Rumakiek - Persipura 
20. Egy Mulana Vikri - Dewa United
21. Ramadhan Sananta - Persis Solo
22. Titan Agung - Bhayangkara FC.

Komentar