nusabali

14 Pesilat Bali Lolos PON 2024

Aturan Baru Bikin Target Gagal Terpenuhi

  • www.nusabali.com-14-pesilat-bali-lolos-pon-2024

Aturan baru itu, seperti di nomor tanding, kini boleh memakai tarikan. Juga di kategori seni yang dulunya memakai pool/grup, tapi sekarang memakai sistem battle. Adanya aturan baru itu seluruh provinsi hampir merata kekuatannya.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 14 pesilat Bali yang berlaga di 10 kelas lolos ke PON ke ajang PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Dari 14 pesilat tersebut, tujuh diantaranya lolos di nomor laga perseorangan dan tujuh lainnya di nomor seni beregu. 

Keberhasilan itu diraih setelah Pengprov IPSI Bali mampu meraih 1 medali emas, 4 perak, dan 5 perunggu dalam babak kualifikasi PON, di GOR UMS Edutorium Solo, Jawa Tengah, yang berakhir Kamis (14/9). Pihak pelatih pun mengaku hasil tersebut tidak sesuai target, karena awalnya ingin meloloskan 21 kelas dalam pesta olahraga empat tahunan antarprovinsi di Indonesia.

Menurut pelatih pencak silat Bali, I Made Alex Dwiputra, pesilat yang berhasil menyumbangkan medali emas hanya di sektor ganda putri, yakni pasangan Putu Cincin Cindra Dewi/Ni Made Mega Sri Wahyuni. "Saya sebagai pelatih, kalau soal target memang belum sesuai harapan awal, karena targetnya semua kelas lolos PON, tapi adanya aturan baru menjadi tidak dapat diprediksi," ungkap Alex Dwiputra. 

Menurut Alek Dwiputra, aturan baru yang dimaksud itu seperti di nomor tanding, saat ini boleh memakai tarikan. Juga di kategori seni yang dulunya memakai pool/grup, tapi sekarang memakai sistem battle atau adu unjuk kepiawain antara dua tim atau regu. Adanya aturan baru itu seluruh provinsi hampir merata kekuatannya. Makanya, dari 21 nomor yang dipertandingkan, IPSI Bali hanya meloloskan 10 nomor ke PON 2024. 

"Terlepas hasil belum sesuai harapan awal, saya tetap mengapresiasi kerja keras seluruh atlet Bali yang berjuang dengan luar biasa guna meraih tiket PON," kata Alex Dwiputra. 

Sementara itu Sekum Pengprov IPSI Bali, Nyoman Yamadhiputra juga mengakui, bahwa tim silat Bali hanya meraih satu emas, 4 perak dan 5 perunggu dalam kualifikasi yang dipusatkan di Solo, Jawa Tengah. Hasil itu hanya mampu mengantarkan 10 nomor atau kelas lolos PON 2024. Dengan rincian, tujuh kelas atau 7 pesilat di nomor tanding, dan 7 pesilat di nomor seni. Jadi secara keseluruhan, Bali meloloskan 14 pesilat  lolos ke PON 2024 di Sumut dan Aceh.dek

Tujuh Pesilat Laga Lolos PON 2024 : 
1. Ahmad Andi Maulana ( kelas A putra) perunggu
2. I Kadek Astawa ( kelas B putra ) perak
3. I Kadek Wahyu Rihartana Giri  ( kelas G putra) perak
4. Ida Bagus Putu Sapta Wiyasa ( kelas J putra) perunggu
5. Ni Kadek Lestariani ( kelas B putri) perunggu
6. Ni Komang Kerti Febriani ( kelas C putri) perak
7. Ni Luh Devi Antari ( kelas D putri) perunggu

Tiga Nomor Seni Lolos PON 2024:
8. Ganda Putri (Emas, 2 Pesilat)
- Putu Cincin Cindra Dewi
- Ni Nade Mega Sri Wahyuni
9. Ganda Putra (Perunggu, 2 Pesilat)
- I Gusti Ngurah Agung Nugraha Adi Winata
- I Putu Anom Wiraguna
10. Regu Putra (Perak, 3 Pesilat)
       - I Made Ananta Pradnya
       - I Made Aldi Sancita Yasa
       -  I Kadek Adi Santosa

Komentar