nusabali

Pelatih Baru Persebaya Penganut Filosofi Johan Cruyff

  • www.nusabali.com-pelatih-baru-persebaya-penganut-filosofi-johan-cruyff

SURABAYA, NusaBali.com - Persebaya Surabaya telah mengumumkan kedatangan pelatih baru, Josep Gombau, yang sudah memimpin latihan tim berjuluk ‘Bajul Ijo’ pada Kamis (14/9/2023).

Selain sebagai pelatih, Gombau juga akan bertanggung jawab sebagai Direktur Teknik, sejalan dengan rencana Persebaya untuk mengembangkan sistem akademi, departemen analis, dan struktur kepelatihan.

Keputusan untuk membawa pelatih benrnama lengkap Josep Gombau Balague ke tim sejalan dengan upaya Persebaya untuk mengorbitkan pemain muda, yang telah menjadi ciri khas tim ini belakangan ini. 

“Filosofi sepakbola Gombau identik dengan gaya Johan Cruyff, sepertinya cocok dengan visi dan DNA Persebaya,” nilai Tommy Desky, analis sepakbola melalui kanal YouTube-nya, Kamis (14/9/2023).

Namun Tommy Desky juga mewanti-wanti, dalam dunia sepakbola, merekrut seorang pelatih baru adalah langkah besar yang memerlukan pertimbangan matang. Pertanyaannya adalah apakah Gombau dapat memberikan hasil optimal di Liga Indonesia? Ini adalah pertanyaan yang akan dijawab seiring berjalannya waktu.

Ia menyebut salah satu kunci kesuksesan sebuah tim adalah sejauh mana pelatih mampu menginstruksikan taktiknya kepada pemain-pemainnya. 

Ia pun mengulas apa yang terjadi pada Luis Milla saat menukangi Persib Bandung. Saat itu pelatih yang juga berasal dari Spanyol ini mengeluhkan pemain-pemain Persib tidak menjalankan taktiknya.

Ketika Luis Milla digantikan Bojan Hodak, barulah performa Persib menjadi membaik. Bahkan gelandang Marc Klok menyebut jika instruksi Hodak mudah dimengerti oleh pemain.

“Nah, apakah pemain-pemain akan dengan mudah memahami dan menjalankan taktik yang diajarkan oleh Gombau?,” tanya Tommy Desky.

Tommy mengulas filosofi Gombau yang senang memaksimalkan peran winger dan memanfaatkan kelebaran lapangan, sesuai dengan ide Johan Cruyff. 

“Ini bukanlah konsep baru, tetapi pertanyaannya adalah sejauh mana tim Persebaya dapat mengadopsi dan mengimplementasikannya?,” ujarnya.

Yang jelas Persebaya memiliki pemain-pemain kencang seperti Sho Yamamoto dan Bruno Moreira yang dapat menjaga kelebaran lapangan.

Gombau juga memperhatikan pentingnya transisi dan situasi set piece sebagaimana sepakbola modern. “Statistik menunjukkan bahwa sebagian besar gol dalam sepakbola saat ini tercipta melalui proses transisi atau situasi set piece. Oleh karena itu, bagaimana Gombao mengelola aspek-aspek ini akan menjadi kunci kesuksesan timnya,” kata Tommy.

Gombau membawa filosofi sepakbola yang dinamis dengan berbagai variasi formasi seperti 1-4-3-3 atau 1-4-2-3-1, yang berggantung pada situasi dan lawan di atas lapangan. Ini adalah pendekatan yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi tim Persebaya.

Dengan kedatangan Josep Gombau, Persebaya Surabaya berharap dapat mencapai kesuksesan dalam kompetisi Liga 1. Namun, seiring berjalannya waktu, kita akan melihat sejauh mana filosofi sepakbola Gombau dan kemampuannya sebagai pelatih dapat membawa tim ini meraih prestasi yang diharapkan.

Komentar